Jakarta (ANTARA) - PT Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat (JBB) meraih dua penghargaan pada ajang internasional The 16th Annual Global CSR & ESG Summit & Awards 2024, yang merupakan acara penghargaan mengenai program berkelanjutan.

Area Manager Communication, Relations, & CSR Pertamina Regional JBB Eko Kristiawan dalam keterangannya di Jakarta, Jumat, mengatakan acara yang diselenggarakan The Pinnacle Group International tersebut memperlihatkan dedikasi Pertamina dalam mendorong perubahan positif berkelanjutan melalui program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) atau corporate social responsibility (CSR).

Menurut dia, unit operasi Fuel Terminal (FT) Tanjung Gerem dengan program TJSL PRIMAPAN (Perempuan Mandiri Mencapai Ketahanan Pangan) mendapatkan predikat Silver Winner pada kategori Best Community Program dan Kampung Sirih Mekarsari dari Soekarno-Hatta Fuel Terminal & Hydrant Installation (SHAFTHI), mendapatkan predikat Silver Winner pada kategori The Best CSR.

Penghargaan tersebut diserahkan Matthias Gelber selaku Co-Founder, ESG Innovation Hub kepada Pertamina di Hanoi, Vietnam, Kamis (25/4/2024).

Program PRIMAPAN merupakan program yang berfokus pada peran perempuan dalam mengusung kesetaraan gender yang melibatkan poin penting dalam pembangunan berkelanjutan pada aspek ekonomi, sosial dan lingkungan.

"Program ini bertujuan untuk menciptakan lahan terbuka, meningkatkan kreativitas, dan pemberdayaan Wanita Tani Cahya," sebut Eko.

Sedangkan, program Kampung Sirih Mekarsari, merupakan program pemberdayaan ibu rumah tangga melalui pengelolaan tanaman sirih di pekarangan rumah.

"Program ini bertujuan untuk meningkatkan pemberdayaan masyarakat melalui pendapatan ekonomi, edukasi pelestarian lingkungan, dan pelaksanaan program yang menyasar masyarakat rentan di Desa Mekarsari melalui olahan sirih," jelasnya.

Eko menambahkan pelaksanaan program TJSL di wilayah operasional Pertamina Patra Niaga JBB merupakan wujud komitmen Pertamina dalam menumbuhkan langkah inovatif dalam pengembangan masyarakat serta mendukung capaian Sustainable Development Goals (SGDs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan.

"Kami berharap dengan adanya langkah-langkah inovatif dalam program pengembangan masyarakat seperti yang dilakukan di FT Tanjung Gerem dan SHAFTHI ini akan membawa dampak positif untuk masyarakat sekitar serta mendukung capaian SGDs nomor 2 dan 5 yaitu mengenai keberlanjutan tanpa kelaparan dan kesetaraan gender," ungkapnya.

Eko juga mengatakan dengan prestasi yang diraih oleh kedua program di tingkat internasional ini, ke depannya dapat memberikan dampak positif berantai di sekitar dan terus dikembangkan dengan inovasi-inovasi yang muncul dari masyarakat

"Seperti program CSR Kampung Sirih Mekarsari yang mempunyai impian agar program ini dapat bertransformasi menjadi kawasan edutourism (education & tourism) yang tidak hanya meningkatkan kesejahteraan ekonomi masyarakat, tetapi juga sebagai bentuk resistensi menghadapi perubahan iklim," katanya.

Menurut Eko, Pertamina berkomitmen memberikan manfaat positif bagi masyarakat, sehingga penghargaan tersebut menjadi dorongan untuk terus menjalankan program CSR dan mendorong produk keunggulan bangsa untuk dikenal di kancah dunia internasional.

Baca juga: Pertamina Patra Niaga Regional JBB pastikan kesiapan Satgas RAFI 2024

Pewarta: Kelik Dewanto
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2024