Kapolda menjadi garda terdepan Polri dalam swasembada pangan, karena lebih mengetahui potensi pertanian di wilayahnya
Jakarta (ANTARA) - Direktur Eksekutif Lembaga Kajian Strategis Kepolisian Indonesia (Lemkapi) Edi Hasibuan meminta seluruh kapolda ikut mendukung Kementerian Pertanian agar Indonesia bisa segera mencapai swasembada pangan.

"Jika kerja sama antara Kementerian Pertanian dengan Polri dilaksanakan dengan baik, maka swasembada pangan bakal terwujud segera," kata Edi dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.

Dia mengatakan kapolda menjadi garda terdepan Polri dalam swasembada pangan, karena lebih mengetahui potensi pertanian di wilayahnya.

Dengan dukungan seluruh kapolda, kapolres, kapolsek dan bhayangkara pembina keamanan dan ketertiban masyarakat atau bhabinkamtibmas, Polri dapat membantu masyarakat dalam mewujudkan swasembada pangan, ujar dosen Pascasarjana Universitas Bhayangkara Jakarta itu.

Edi menyebutkan salah satu peran kapolda untuk mendukung swasembada pangan telah dicontohkan oleh Polda Yogyakarta yang menyiapkan 100 hektare lahan jagung.

"Kita minta polda lainnya juga berperan aktif bantu masyarakat dan mewujudkan Indonesia swasembada pangan," kata pemerhati kepolisian tersebut.

Sebelumnya, Kementerian Pertanian dan Polri di Jakarta, Kamis, menandatangani nota kerja sama untuk mempercepat swasembada pangan. Kerja sama itu meliputi optimalisasi lahan dan pengadaan pompa air untuk irigasi.

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo mengaku optimistis langkah kerja sama tersebut dapat terealisasi mengingat Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman merupakan pakar yang mengerti dan tahu cara mewujudkan swasembada pangan.

Kapolri menambahkan bahwa pihaknya siap mendukung berbagai kegiatan Kementan melalui pengerahan para kapolda, kapolres hingga anggota babinkamtibmas yang tersebar di seluruh Indonesia.

Sementara itu, Amran Sulaiman mengatakan dukungan Polri adalah energi bagi untuk tumbuh kembangnya masa depan pertanian Indonesia apalagi di tengah fenomena El Nino.

Baca juga: Kapolri dukung penuh Kementan wujudkan ketahanan pangan
Baca juga: Polri jamin kelancaran distribusi bahan pokok
Baca juga: Bapanas didukung Polri jamin stok pangan aman hingga Lebaran

Pewarta: Santoso
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2024