Jakarta (ANTARA) - Kepala VAC International Group selaku salah satu penyelenggara CAIFF, Liu Xiuhua, mengatakan, CAIFF ke-5 akan digelar di Adelaide, ibu kota Australia Selatan, mulai 14 hingga 17 November 2024, dan diharapkan dapat meningkatkan pertukaran budaya antara China dan Australia.

Ia katakan itu dalam konferensi pers yang diadakan di sela-sela Festival Film Internasional Beijing ke-14, sebagaimana dinyatakan Xinhua dan dikutip di Jakarta, Sabtu.

CAIFF menghadirkan film-film China ke Australia dan menyediakan sebuah platform bagi para pelaku industri perfilman kedua negara untuk saling berdiskusi dan berkolaborasi. CAIFF mulai digelar pada 2014 sebagai acara tahunan sebelum terhenti akibat merebaknya pandemi korona.

"CAIFF bermula sebagai jembatan bagi pertukaran antarmasyarakat antara China dan Australia," tutur Yu Lu, kepala AC Culture Group yang juga salah satu penyelenggara acara tersebut. "Kami berharap CAIFF dapat dilanjutkan pada tahun ini untuk meningkatkan hubungan kedua negara.".

Luan Guozhi merupakan mantan pejabat senior China yang bertanggung jawab atas bidang perfilman saat CAIFF dimulai. Dia menyampaikan bahwa CAIFF telah membantu mempromosikan budaya dan seni China di luar negeri.

Sutradara film terkemuka asal China, Yin Li, telah dua kali menjadi anggota dewan juri penghargaan di CAIFF. "Dalam satu dekade terakhir, industri perfilman China berkembang pesat," ujarnya. "Saya yakin CAIFF ke-5 dapat menghadirkan lebih banyak lagi film China yang luar biasa ke Australia dan melibatkan makin banyak talenta dalam industri ini," kata Yin.

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2024