Jakarta (ANTARA) -
Beberapa peristiwa humaniora terjadi di Tanah Air di sepanjang Sabtu (27/4). Di antaranya, gempa  magnitudo 6,5 guncang perairan selatan Jawa Barat hingga dunia sastra RI kehilangan penyair Joko Pinurbo.
 
Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca.
 
Gempa  magnitudo 6,5 guncang perairan selatan Jawa Barat
 
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan terjadi gempa bumi berkekuatan  magnitudo 6,5 yang berpusat di perairan selatan Jawa Barat.
 
Peristiwa gempa bumi itu terjadi Sabtu (27/4) pukul 23.29 WIB dengan kedalaman 10 kilometer. Lokasi gempa berada di 8,42 lintang selatan dan 107,26 bujur timur.
 
Titik episentrum gempa berada 151 kilometer sebelah barat daya Kabupaten Garut, Jawa Barat.
 
"Gempa tidak berpotensi tsunami," demikian pernyataan resmi BMKG yang dikutip di Jakarta, Sabtu.
 
Selengkapnya baca di sini
 
 
LPAI serukan pemerintah blokir gim daring yang mengandung kekerasan
 
Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia (LPAI) Seto Mulyadi menyerukan agar pemerintah hadir dalam melindungi anak dari dampak negatif gim daring yang mengandung kekerasan dengan memblokir gim tersebut.
 
"Pemerintah harus hadir untuk menegakkan aturan," kata Seto Mulyadi atau yang akrab disapa Kak Seto dalam keterangannya di Jakarta, Sabtu.
 
Karena, menurut dia, tanggung jawab untuk melindungi anak dari dampak negatif gim daring yang mengandung kekerasan tidak bisa dibebankan sepenuhnya kepada orang tua.
 
Selengkapnya baca di sini
 
 
BKSDA berhasil mengevakuasi orang utan di kawasan Bandara Sampit
 
Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Kalimantan Tengah akhirnya berhasil mengevakuasi satu individu orang utan yang tersasar di kawasan Bandara Haji Asan Sampit, Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim).
 
“Kami melakukan penyelamatan satu individu orang utan, setelah pada Kamis dan Jumat pekan lalu kami menerima laporan adanya orang utan berkeliaran di kawasan bandara,” kata Kepala BKSDA Resor Sampit Muriansyah di Sampit, Jumat (26/4) malam.
 
Dalam kegiatan evakuasi atau penyelamatan orang utan ini, BKSDA Kalteng dibantu oleh Yayasan Orangutan Foundation International (OFI), Petugas Bandara Haji Asan Sampit, Manggala Agni Pondok Kerja Sampit dan komunitas reptil Sampit.
 
Selengkapnya baca di sini
 

Jelang WWF, Wamen LHK sebut air berpotensi picu perang masa depan
 
Wakil Menteri (Wamen) Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Alue Dohong menyatakan air sangat berpotensi menjadi faktor perang di masa depan bagi negara-negara di dunia karena ketersediannya yang semakin berkurang akibat terancam oleh permasalahan lingkungan.
 
"Air tawar bisa menjadi faktor perang masa depan. Kita bukan perang karena bahan bakar minyak ke depan, tapi perang air," katanya dalam Konvensi Badan Kejuruan Lingkungan di Jakarta, Sabtu.
 
Oleh karena itu, ketersediaan air bersih menjadi salah satu agenda utama World Water Forum (WWF) ke-10 yang rencananya dilangsungkan pada 18-25 Mei 2024 di Badung, Bali.
 
Selengkapnya baca di sini
 

Kemendikbud: Dunia sastra RI kehilangan penyair hebat Joko Pinurbo
 
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyatakan dunia sastra Tanah Air sangat kehilangan sosok penyair hebat seperti Joko Pinurbo yang semasa hidupnya telah meraih banyak penghargaan.
 
“Atas nama pimpinan Badan Bahasa, Kemendikbudristek, kami ikut berbela sungkawa atas meninggalnya Joko Pinurbo,” kata Kepala Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra Badan Bahasa Kemendikbudristek Muhammad Abdul Khak kepada ANTARA di Jakarta, Sabtu.
 
Penyair terkemuka Joko Pinurbo dikabarkan meninggal dunia pada usianya yang ke-61 tahun di kota tempat tinggalnya, yaitu Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).
 
Selengkapnya baca di sini

Pewarta: Hana Dewi Kinarina Kaban
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024