Konflik manusia dengan satwa liar itu menelan korban dua ekor kerbau milik warga, ternak madu galo-galo dan rumah warga dirusak
Lubuk Basung, Sumbar (ANTARA) -
Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Sumatera Barat menangani lima konflik antara manusia dengan satwa liar jenis harimau sumatera dan beruang madu di Kabupaten Agam dan Pasaman secara bersamaan dalam satu minggu terakhir.
 
"Konflik manusia dengan satwa liar itu menelan korban dua ekor kerbau milik warga, ternak madu galo-galo dan rumah warga dirusak," kata Kepala Seksi Konservasi Wilayah I BKSDA Sumbar Antonius Vevri di Lubuk Basung, Minggu.
 
Ia mengatakan lima konflik itu terjadi di Pasia Laweh, Kecamatan Palupuh, Kabupaten Agam, mengakibatkan satu ekor kerbau milik warga setempat dimangsa harimau sumatera dan BKSDA Sumbar telah memasang kandang jebak di lokasi itu.
 
Setelah itu di Aia Taganang, Nagari atau Desa Matur Hilia, Kecamatan Matur, Kabupaten Agam, beruang madu merusak rumah warga dan telah dipasang kandang jebak.

Baca juga: Otorita IKN merancang langkah cegah konflik manusia dan satwa liar
 
Lalu Sianok, Kecamatan Ampek Koto, Kabupaten Agam, beruang madu memakan ternak lebah madu galo-galo milik warga dan juga telah dipasang kandang jebak.
 
Di Rao, Kabupaten Pasaman harimau sumatera muncul ke permukiman dan telah dilakukan pengusiran dengan bunyi-bunyian beberapa hari, sehingga satwa sudah masuk kembali ke habitatnya, karena tidak ditemukan lagi jejak kaki satwa itu.
 
Selain itu di Marambuang, Nagari Baringin, Kabupaten Agam, harimau sumatera memangsa anak kerbau milik warga dan telah dipasang kandang jebak.
 
"Konflik terbanyak terjadi di Agam. Penanganan melibatkan Tim Wildlife Rescue Unit (WRU) dan resor setempat," katanya.
 
Ia menambahkan penanganan konflik tersebut juga melibatkan Tim Patroli Anak Nagari (Pagari) dan masyarakat sekitar.
 
BKSDA Sumbar juga memasang kamera jebak di sekitar lokasi pemasangan kandang jebak untuk memantau keberadaan satwa itu.
 
Mudah-mudahan, tambahnya, satwa liar yang dilindungi Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1990 tentang Konservasi Sumber Daya Alam Hayati dan Ekosistemnya itu masuk ke dalam kandang jebak dan dievakuasi.
 
"Kita berharap satwa liar itu masuk ke kandang jebak yang kita pasang di tiga lokasi tersebut," katanya.
   
 
 
 

Pewarta: Altas Maulana
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024