Jakarta (ANTARA/JACX) – Sebuah unggahan video di TikTok menampilkan Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka mengenakan peci dan dipakaikan kain yang diklaim sudah resmi menjadi mendapat gelar "gus".

Berikut narasi dalam unggahan tersebut:

“Sudah jd Ulama plus gelar Kiyai/Gus? Astagfirullah”

Namun, benarkah Gibran telah resmi jadi ulama dan mendapat gelar Gus?

 

Unggahan video yang dinarasikan Gibran resmi jadi ulama dan mendapat gelar Gus. Faktanya, video tersebut merupakan agenda safari politik Gibran pada 21 November 2023. Tidak ada informasi resmi mengenai pemberian gelar Kiai atau Gus. (TikTok)
Penjelasan:

Berdasarkan penelusuran, video tersebut serupa dengan unggahan KompasTV yang berjudul “Gibran Silaturahmi ke Pondok Pesantren Al-Kautsar Saat Berkunjung di Medan” pada 21 November 2023. Video tersebut diberi keterangan Cawapres Gibran Rakabuming Raka menggelar safari politik di Sumatera Utara. Didampingi Wali Kota Medan Bobby Nasution, Gibran berkunjung ke Pondok Pesantren Al-Kautsar Medan. Dalam pertemuan itu, Gibran bertemu dengan sejumlah tokoh, mahasiswa, dan petani.

Syeh Ali melakukan 'upah-upah' terhadap Gibran dengan menyuapi pisang goreng dan ikan mas arsik atau masakan dari daging yang dibumbui sambal, asam potong, dan direbus hingga kuahnya kering.

Setelah itu, Mas Gibran panggilan akrabnya menyulangi makanan kepada iparnya Bobby Nasution, kemudian sejumlah ulama, tokoh masyarakat, dan para pimpinan partai politik Koalisi Indonesia Maju Sumatera Utara.

Pengasuh Pesantren Al Kautsar Al Akbar juga memasangkan ulos dan memberikan tongkat kepada putra sulung Presiden Joko Widodo ini sebagai simbol kepemimpinan.

"Mudah-mudahan menjadi pemimpin, dan kita doakan tercapai cita-citanya. Kalau saya hanya bisa mendoakan, dan kita sokong yang muda-muda ini karena semangatnya untuk memimpin negeri ini," ucap Syech Ali, dilansir dari ANTARA (https://sumut.antaranews.com/berita/553761/gibran-diupah-upah-pengasuh-ponpes-al-kautsar-al-akbar-di-medan?page=all).

Klaim: Video Gibran resmi jadi ulama, dapat gelar Gus

Rating: Hoaks

Cek fakta: KPU terima Gibran jadi cawapres karena terima surat dari Jokowi, benarkah?

Cek fakta: Hoaks! PBB tidak setujui kemenangan Prabowo-Gibran pada Pemilu 2024

Baca juga: Gibran kembali berkantor setelah penetapan wakil presiden terpilih

Pewarta: Tim JACX
Editor: Indriani
Copyright © ANTARA 2024