Jakarta (ANTARA) - Berbagai peristiwa politik diwartakan Kantor Berita ANTARA pada Minggu (28/4), yang masih layak dibaca untuk informasi pagi ini.

1. Pakar: Ahok masih punya keinginan jadi Gubernur Jakarta

Pakar komunikasi Anthony Leong mengatakan bahwa mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok masih mempunyai keinginan untuk maju dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi DKI Jakarta pada 27 November mendatang.

Hal tersebut disampaikan Anthony menanggapi unggahan video Ahok di akun media sosial Instagram pribadinya @basukibtp, Jumat (26/4), yang berisi narasi mempersilakan masyarakat untuk bertanya tentang Jakarta kepada dirinya.

Selengkapnya baca di sini

2. PAN sambut baik Prabowo silaturahim ke berbagai parpol

Wakil Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Yandri Susanto menyambut baik presiden terpilih Prabowo Subianto yang melakukan silaturahim ke berbagai partai politik (parpol) di luar Koalisi Indonesia Maju (KIM) usai ditetapkan sebagai pemenang Pilpres 2024 oleh KPU.

"PAN menyambut baik apa yang dilakukan oleh Pak Prabowo melakukan silaturahmi ke berbagai partai politik yang mungkin di waktu kontestasi kemarin partai-partai tersebut tidak mengusung Pak Prabowo," kata Yandri di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini

3. Prabowo: Terima kasih NU akan mendukung pemerintahan mendatang

Presiden RI terpilih Prabowo Subianto mengaku berterima kasih terhadap komitmen keluarga besar Nahdlatul Ulama (NU) yang akan mengawal dan mendukung pemerintahannya kelak, yakni bersama Wakil Presiden RI terpilih Gibran Rakabuming Raka selama 2024-2029.

"Saya sekali lagi merasa besar, besar hati, dengan dukungan dari Nahdlatul Ulama. Saya hari ini sangat senang hati saya karena saya dianggap keluarga NU," kata Prabowo di Kantor Pengurus Besar NU (PBNU), Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini

4. Gerindra tegaskan Prabowo belum pernah keluarkan susunan kabinet resmi

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menegaskan bahwa presiden terpilih Prabowo Subianto belum pernah mengeluarkan susunan kabinet resmi pemerintahan Prabowo-Gibran.

"Kami tegaskan sekali lagi bahwa itu tidak benar, dan belum pernah dikeluarkan oleh Pak Prabowo Subianto dan timnya," kata Dasco dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Minggu.

Selengkapnya baca di sini

5. DKPP tekankan penyelenggara harus berintegritas dalam pilkada

Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Republik Indonesia (RI) menekankan bahwa penyelenggara pemilu harus berintegritas dalam pelaksanaan Pilkada Serentak 2024 agar dapat berjalan dengan damai.

"Pemilu damai tidak akan terwujud kalau penyelenggara tidak berintegritas, tidak adil atau malah jadi tim sukses bakal calon," kata Anggota DKPP RI Tio Aliansyah, pada kegiatan peluncuran Pilkada Lampung, di Bandarlampung, Sabtu malam.

Selengkapnya baca di sini

Pewarta: Fauzi
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2024