Purwokerto (ANTARA) - Kepala Kepolisian Daerah Jawa Tengah Inspektur Jenderal Polisi Ahmad Luthfi mengaku ingin menjadi lurah setelah pensiun dari anggota Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Ditemui usai acara Silaturahmi Kamtibmas Kapolda Jawa Tengah di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Senin, Ahmad Luthfi mengatakan pihaknya menggelar kegiatan pemeliharaan keamanan ketertiban masyarakat untuk wilayah Banyumas dengan melibatkan tiga pilar, yakni Babinsa, Bhabinkamtibmas, dan lurah/kepala desa, termasuk tokoh agama seluruh Banyumas.

"Ini dalam rangka untuk menciptakan situasi yang kondusif setelah gelaran pemilu sudah kita lakukan, arus mudik sudah selesai, itu semua kita bersatu kembali dalam rangka membangun khususnya wilayah Banyumas," katanya.

Baca juga: Kapolda Jateng tanggapi masif baliho bergambar dirinya jelang pilkada

Menurut Luthfi, kegiatan tersebut bagus sekali digunakan untuk persatuan dan kesatuan di wilayah Banyumas.

Disinggung mengenai aspirasi masyarakat yang menginginkan dirinya maju sebagai sebagai bakal calon gubernur Jawa Tengah, Ahmad Luthfi mengatakan hingga saat ini dirinya masih berdinas.

"Artinya, aspirasi dari kepala-kepala desa itu kami hargai. Tetapi prinsip di Undang-Undang Kepolisian sudah jelas, Pasal 28 bahwa anggota Polri tidak boleh berpolitik praktis, anggota Polri tidak boleh menggunakan hak pilihnya selama masih dinas," katanya.

Oleh karena itu, Luthfi mengatakan akan tetap berdinas sebagai anggota Polri lebih dulu.

Baca juga: Nelayan Jepara ikut mengusulkan nama Kapolda Jateng jadi cagub

Ia juga enggan memberikan komentar tentang kemungkinan melakukan komunikasi dengan bakal calon gubernur lainnya.

"Enggak ada, enggak ada, saya dinas saja, komunikasi dengan kapolres dan jajaran saja," katanya.

Akan tetapi, saat ditanya rencananya setelah pensiun, Ahmad Luthfi mengaku ingin menjadi lurah. "Pengin dadi lurah, cukup nggih (ingin menjadi lurah, cukup ya, red)," kata Kapolda.

Dukungan kepada Kapolda Jateng Irjen Ahmad Luthfi untuk menjadi bakal calon gubernur Jawa Tengah pada Pilkada 2024 telah muncul di berbagai daerah mengingat Ahmad Luthfi akan memasuki masa pensiun pada November 2024.

Baca juga: Pengusaha Banyumas dukung Ahmad Luthfi maju dalam Pilkada Jateng

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Didik Kusbiantoro
Copyright © ANTARA 2024