Beijing (ANTARA) - Sistem promosi perdagangan nasional China menerbitkan sebanyak 2.954 Admission Temporaire/Temporary Admission (ATA) Carnet pada kuartal pertama (Q1) tahun ini, melonjak 73,66 persen secara tahunan (year on year/yoy), menurut Dewan China untuk Promosi Perdagangan Internasional (China Council for the Promotion of International Trade/CCPIT) pada Minggu (28/4).

ATA Carnet merupakan dokumen bea cukai internasional dan dokumen ekspor-impor sementara. ATA Carnet yang diterbitkan pada Q1 2024 itu mencakup nilai total 806 juta yuan atau sekitar 113,4 juta dolar AS, naik 117,25 persen (yoy), menurut CCPIT.

Angka tersebut mengindikasikan bahwa perusahaan-perusahaan China sangat tertarik memperluas kehadiran mereka di pasar global melalui berbagai aktivitas yang berhubungan dengan perdagangan luar negeri, termasuk pameran-pameran di luar negeri dan pertukaran bisnis, ujar Zhao Ping, Juru Bicara CCPIT.

Data CCPIT juga menunjukkan bahwa negara itu menerbitkan 1,55 juta sertifikat, naik 17,38 persen (yoy), termasuk ATA Carnet dan Sertifikat Asal, dan lain-lain. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Ade irma Junida
Copyright © ANTARA 2024