Jakarta (ANTARA) - Dokter umum dr. Alfi Auliya MKM C.DCAP mengatakan anak muda yang sering mengikuti olahraga 'kekinian' dan melakukan modifikasi gaya hidup dapat mencegah penyakit secara umum untuk investasi kesehatan di kemudian hari.

“Masih muda pasti suka ikut olahraga fun run, zaman sekarang ada zumba, poundfit, itu bisa jadi salah satu pencegahan yang bisa dilakukan untuk mencegah suatu penyakit,” kata Alfi dalam diskusi kesehatan bersama Halodoc di Jakarta, Selasa.

Dokter lulusan Universitas Trisakti ini mengatakan, olahraga yang berkembang saat ini bisa menjadi investasi kesehatan di masa mendatang dan penting bagi anak muda zaman sekarang mengubah pola hidup sehatnya dengan rajin berolahraga.

Baca juga: Kombinasi latihan olahraga disarankan untuk menjaga kesehatan jantung

Baca juga: Kemenkes adakan Virtual Sport, promosikan olah raga ke publik


Ia juga mengatakan, masyarakat harus mengubah mindset bahwa sakit bisa dengan mudah diobati hanya dengan pergi ke dokter atau mengikuti asuransi kesehatan. Namun Alfi mengatakan peran dokter hanya untuk promotif dan kuratif pengobatan penyakit spesifik, sehingga masyarakat harus lebih perhatian kepada kesehatan diri sendiri secara keseluruhan agar tidak berisiko mengidap penyakit kronis.

“Karena penyakit kronis nggak tahu tiba-tiba datang, pas di cek gula dan kolesterol semua tinggi dan berisiko merugikan diri sendiri dan orang lain, produktivitas berkurang, aktivitas berkurang, pekerjaan jadi terganggu dan berdampak pada finansial,” katanya.

Selain mengecek kesehatan secara berkala, vaksinasi juga diperlukan untuk upaya preventif dan sangat baik untuk meringankan gejala penyakit, komplikasi berat hingga kematian.

Alfi mengatakan vaksinasi tidak memberikan kekebalan tubuh 100 persen terhadap penyakit tertentu, namun bisa mencegah angka kematian yang tinggi dan juga melindungi orang sekitar yang rentan tertular penyakit seperti anak kecil, lansia dan ibu hamil.

Vaksin juga dapat menciptakan Herd Immunity atau kekebalan kelompok.

“Yang terjadi apabila banyak orang yang divaksin bisa melindungi orang yang tidak bisa divaksin, fungsi vaksinasi selain buat diri sendiri tapi buat untuk kaum rentan ibu hamil, lansia, bayi, penderita HIV karena imunitasnya rendah,” ucap Alfi.

Ia berharap cakupan vaksinasi juga akan menyebar hingga pelosok daerah dan kesadaran masyarakat untuk menjaga pola hidup sehat serta melakukan vaksinasi terus meningkat.

Ia juga mengapresiasi pihak swasta yang memberikan kemudahan bagi masyarakat untuk mengakses vaksinasi dan konsultasi dokter dengan telemedisin yang bisa diakses kapan saja.

Baca juga: Olahraga yang berlebihan dapat menyebabkan masalah serangan jantung

Baca juga: Naik lebih dari lima anak tangga sehari punya manfaat buat jantung

Baca juga: Aktivitas fisik bermanfaat bagi lansia
​​​​​​​


Pewarta: Fitra Ashari
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2024