Kedua pihak sepakat tidak akan menempuh cara-cara kekerasan dalam proses rekonsiliasi ini
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan Djoko Suyanto mengatakan, upaya-upaya rekonsiliasi konflik penganut Syiah dan Sunni di Sampang, Madura, sampai saat ini masih terus dilakukan.

"Pemerintah Daerah Jawa Timur dan Tim rekonsiliasi yang dipimpin Rektor IAIN (UINSA) Sunan Ampel terus melakukan upaya mediasi kedua pihak. Kedua pihak sepakat tidak akan menempuh cara-cara kekerasan dalam proses rekonsiliasi ini," kata Menko Polhukam dalam pernyataannya di Jakarta, Kamis.

Namun, Menko Polhukam mengakui jika memang masih memerlukan waktu membawa kedua pihak untuk mendapatkan pemahaman yang bisa diterima kedua pihak.

Pendekatan kepada para ulama, kata dia, juga terus dilakukan, mengingat peran dan posisi ulama di Pulau Madura yang sangat dominan.

"Demikian juga peran pemerintah daerah Sampang yang terus didorong proaktif di lini depan penyelesaian konflik ini sesuai amanah UU Pemda dan UU Penanganan Konflik Sosial di daerah yang menjadi tanggung jawab kepala daerah," ujarnya.

Sementara itu pada Rabu (4/12), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono melakukan pertemuan informal dengan Tim Rekonsiliasi Sunni - Syiah di Pendopo Kabupaten Sampang.

Pertemuan Presiden dengan Tim Rekonsiliasi yang diketuai Abd Ala tersebut mengawali kunjungan kerja Kepala Negara di Pulau Madura selama dua malam.

Pewarta: M Arifin Siga
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013