rata-rata 700 kilogram sampah
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Seribu, DKI Jakarta terus berupaya optimal untuk melakukan penanganan sampah pesisir di kawasan Marunda Kepu.

"Setiap harinya, kami berhasil mengumpulkan rata-rata 700 kilogram sampah dari kawasan tersebut," kata Kepala Seksi Pengelolaan Sampah, Limbah, dan Bahan Berbahaya dan Beracun (PSLB3) Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Kepulauan Seribu Lukman Dermanto, di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan selama April 2024, dalam sehari sebanyak delapan hingga 12 petugas dibantu satu unit kapal dan satu unit truk diterjunkan untuk membersihkan kawasan tersebut.

Menurut dia, jumlah sampah akan terus meningkat seiring dengan penambahan alat berat di lokasi yang menjadi ujung dari Banjir Kanal Timur itu.

Baca juga: Sampah pesisir utara Jakarta sudah capai 54 ton

“Saat ini, kendala utama dalam upaya penanganan sampah di Marunda Kepu adalah sampah yang terbawa arus dari muara Kali Bekasi yang bercampur dengan sedimen lumpur sehingga menyulitkan proses pembersihan,” kata dia.

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) DKI Jakarta bersama "pasukan oranye" dari Sudin LH Kepulauan Seribu juga terus bahu-membahu berupaya membuat kawasan pesisir pantai Jakarta bersih dari sampah.

Pejabat Humas Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta, Yogi Ikhwan mengatakan DLH juga akan mempercepat proses penanganan sampah di kawasan itu dengan melakukan operasi “Grebek Sampah Pesisir Jakarta” dengan melibatkan ratusan personel, belasan kendaraan khusus atau berat.

“Berdasarkan instruksi Kadis LH, kami akan menurunkan 20 petugas tambahan dari Sudin LH Kepulauan Seribu, 210 petugas dari Unit Penanganan Sampah Badan Badan Air (UPS BA) dan 12 kendaraan operasional,” katanya.

Baca juga: Sampah plastik ancam lingkungan pesisir Jakarta

Operasi tersebut akan dilaksanakan pada Rabu, (1/5) dan akan terus berlanjut sesuai dengan situasi dan kondisi di lapangan.

Pihaknya terus berkomitmen untuk mengoptimalkan upaya-upaya pembersihan sampah di kawasan pantai utara Jakarta.

“Kami berharap dengan kerja keras petugas kami dan dukungan masyarakat Pantai Marunda Kepu dan seluruh kawasan pesisir DKI Jakarta dapat terbebas dari sampah,” kata dia.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2024