Jakarta (ANTARA) - Departemen Lingkungan Hidup Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Indonesia (BEM UI) bersama Suku Dinas Lingkungan Hidup Jakarta Utara mengadakan aksi bersih-bersih di kawasan pesisir Pantai Ancol dalam rangka memperingati "World Clean Up Day" pada Sabtu (16/9).
 
"Kegiatan ini seharusnya membuat kita semakin peka terhadap alam dan sekitar," kata Wakil Kepala Departemen Lingkungan Hidup BEM UI Ghazi Akhmad dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin.
 
Ghazi berharap kegiatan bersih-bersih ini dapat bermanfaat dan semakin banyak aksi yang dilakukan lagi lewat kesadaran masing-masing.
 
Kegiatan yang berlangsung pada Minggu (17/9) diikuti 80 relawan dari UI maupun masyarakat. Para peserta dibagi menjadi lima kelompok untuk membersihkan daerah yang terpisah-pisah sepanjang pesisir pantai itu.

Baca juga: Pelindo gelar aksi bersih pantai di pesisir Ancol
Baca juga: Relawan bersihkan sampah di kawasan wisata Ancol
 
Kegiatan bersih-bersih pantai yang diinisiasi BEM UI ini dilandasi keresahan terhadap kondisi lingkungan yang semakin tercemar akibat banyaknya tumpukan sampah, terutama di daerah pesisir Pantai Ancol.
 
Hal tersebut terjadi lantaran tidak terkelolanya sampah dengan baik dan masih minimnya kesadaran masyarakat untuk menjaga lingkungan pesisir laut.
 
Karena itu, para relawan dengan semangat mengikuti kegiatan "clean up" yang dinilai sebagai kegiatan yang mewadahi kepedulian terhadap lingkungan.
 
Dia bersyukur sekali BEM UI membuka kesempatan bagi mahasiswa UI dan masyarakat untuk memberikan kontribusi nyata membenahi lingkungan pesisir pantai.

"Harus lebih dimasifkan lagi kegiatan-kegiatan seperti ini, mungkin bisa terinspirasi dari pandawara yang sudah mendapat banyak apresiasi publik," kata seorang relawan.
 

Pewarta: Siti Nurhaliza
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023