"Kami melihat GUIM sangat mulia, ketika kawan-kawan menjadi pendidik, harapannya adalah anak-anak yang sedang berproses dan berkembang menjadi terbangun inspirasi dan bayangannya akan realitas pada diri mereka,"
Depok (ANTARA) - Sebanyak 63 panitia dan 30 pengajar Gerakan Universitas Indonesia Mengajar (GUIM) Angkatan 13 resmi dilantik dan mengabdi pada lima Sekolah Dasar di Kabupaten Pesawaran, Lampung pada Januari 2024.

Ketua Pelaksana GUIM 13 Heidera di kampus UI Depok, Sabtu mengungkapkan rasa syukurnya dan menegaskan pentingnya kebersamaan dengan semua pihak demi suksesnya GUIM 13.

"Aku ingin mengucapkan terima kasih kepada kawan-kawan yang telah memilih GUIM 13 untuk menyalurkan niat baik kalian. Saat aksi nanti, pastinya akan ada banyak rintangan, tapi aku yakin kita dapat melewatinya bersama-sama," katanya.

Dengan berbagai macam seleksi dan pelatihan yang telah ditempuh oleh para pengajar terpilih, didampingi dengan panitia dan pengurus GUIM 13, serta Departemen Sosial Masyarakat BEM UI 2023 mereka mengabdi di 5 Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten Pesawaran, Lampung pada bulan Januari 2024.

Staf Ahli Menteri Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), dan Transmigrasi Bito Wikantoso menyampaikan apresiasi terhadap kesediaan mahasiswa untuk mengabdi dan menekankan ketidakmerataan pendidikan di Indonesia

Bito mengatakan Desa sebagai konsep dapat menjadi termaterialisasikan secara konkret karena manusia-manusia yang berpartisipatif, seperti adik-adik mahasiswa GUIM ini.

"Kami melihat GUIM sangat mulia. Ketika kawan-kawan menjadi pendidik, harapannya adalah anak-anak yang sedang berproses dan berkembang menjadi terbangun inspirasi dan bayangannya akan realitas pada diri mereka," kata Bito.

Sementara itu Wakil Ketua Pelaksana GUIM angkatan sebelumnya, Rafly, turut menyampaikan harapannya saat menyerahkan panji ke fungsionaris GUIM 13.

"Semoga doa-doa baik menyertai kalian selalu, semoga kalian bisa mendapat makna dari pendidikan Indonesia," katanya.

Pelantikan GUIM 13 ini turut dihadiri oleh Bito Wikantoso, SS., M.Hum. selaku Staf Ahli Menteri Bidang Pembangunan dan Kemasyarakatan, Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal (PDT), dan Transmigrasi, Emy Nurmayanti selaku Kasubdit Kemitraan dan Pengabdian Masyarakat Direktorat Kemahasiswaan UI, dan Ketua BEM UI 2023 Melki Sedek Huang.

Dalam pelantikan, simbolisasi penyematan pin sayap dewantara pada jaket kuning (jakun) UI dipenuhi suasana khidmat haru. Hal ini mengisyaratkan telah resminya para mahasiswa UI yang tergabung ke dalam GUIM 13 untuk mengabdi pada titik aksi.
Baca juga: Gerakan UI mengajar upaya wujudkan pemerataan pendidikan
Baca juga: GUIM 12: Penting pastikan akses pemuda berkontribusi untuk negeri
Baca juga: UI bahas problematika pendidikan melalui Gerakan UI Mengajar

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2023