Depok (ANTARA) - BEM UI secara resmi meluncurkan program UI SDGs Summit, sebuah inisiatif mahasiswa yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan keterlibatan mahasiswa dalam implementasi Sustainable Development Goals (SDGs).

Grand Opening UI SDGs Summit ini menjadi awal dari serangkaian acara yang akan diadakan dalam UI SDGs Summit 2023.

Project Officer UI SDGs Summit 2023, Ariiq Raihan di Kampus UI Depok, Selasa menjelaskan bahwa program ini adalah
bukti konkret dari komitmen BEM UI dalam mendukung implementasi nilai-nilai SDGs tidak hanya di kalangan mahasiswa Indonesia tetapi juga di tingkat internasional.

Dia menyatakan sustainable Development Goals bukanlah ide baru, tetapi kesadaran dan kepedulian, terutama di kalangan mahasiswa, masih terbilang rendah. Padahal, semua tujuan SDGs memiliki relevansi besar untuk keberlanjutan manusia.

Ariiq juga menekankan peran penting mahasiswa dalam menciptakan perubahan positif dalam mencapai tujuan SDGs.

"BEM UI aktif terlibat dalam mencapai tujuan SDGs dengan menyediakan platform untuk diskusi dan inovasi bagi mahasiswa melalui UI SDGs Summit," katanya.

Baca juga: Peringati "World Clean Up Day", BEM UI bersihkan pesisir Pantai Ancol

Tujuan program ini adalah untuk meningkatkan pemahaman, kesadaran, dan keterlibatan mahasiswa dalam upaya mencapai SDGs, sehingga mereka dapat berkolaborasi aktif dan memberikan kontribusi yang berarti dalam implementasi SDGs.

Serangkaian acara yang akan diadakan oleh UI SDGs Summit ini antara lain Kompetisi Essay, Student Conference dan ditutup dengan Grand Summit.

Dengan demikian, UI SDGs Summit 2023 tidak hanya menjadi sebuah forum diskusi, tetapi juga menjadi ajang inspiratif yang akan membantu mahasiswa memahami peran mereka dalam mencapai tujuan SDGs serta mendorong mereka untuk terlibat secara aktif dalam mewujudkan perubahan positif bagi masa depan yang lebih berkelanjutan.

Kepala Departemen Lingkungan Hidup BEM UI, Azzam Aulia mengatakan program UI SDGs Summit menjadi momentum yang besar bagi para mahasiswa untuk mengakselerasi dan mewujudkan poin-poin tujuan pembangunan berkelanjutan.

Sebab, mahasiswa sebagai generasi penerus, memiliki tendensi yang kuat untuk menjaga masa depan bumi ini.

Terakhir, Ariiq menyatakan bahwa program ini tidak dapat terlaksana tanpa adanya dukungan dari berbagai pihak.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada banyak pihak yang telah membantu. Terima kasih kepada Bappenas, SDGs Hub UI, dan Direktorat Kemahasiswaan yang telah turut membantu dalam menyukseskan acara.

 
Baca juga: BEM UI-Pemkot Depok kolaborasi upayakan pemerataan pendidikan
Baca juga: BEM UI sosialisasi masyarakat lawan stunting di perbatasan Timor Leste

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2023