Pembeda MTQ ke-38 tahun ini terletak pada dorongan program promosi wisata industri sebagai salah satu potensi terbesar Kabupaten Bekasi,
Kabupaten Bekasi (ANTARA) - Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin turut mempromosikan wisata industri kepada seluruh kafilah peserta Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-38 tingkat Provinsi Jawa Barat pada 27 April-4 Mei 2024 di Kabupaten Bekasi.

"Pembeda MTQ ke-38 tahun ini terletak pada dorongan program promosi wisata industri sebagai salah satu potensi terbesar Kabupaten Bekasi," katanya di Cikarang, Selasa.

Ia mengatakan selain mengenalkan kebudayaan setempat, ruang khusus mempromosikan wisata industri diberikan mengingat Kabupaten Bekasi merupakan daerah dengan kawasan industri terbesar se-Asia Tenggara.

"Silakan bagi peserta MTQ di sela-sela waktu lomba untuk menikmati wisata industri di Kabupaten Bekasi. Mumpung ada di Bekasi," katanya.

Baca juga: Kemenparekraf promosikan lima DPSP dalam misi penjualan di Hong Kong

Ia berharap sinergi penyelenggaraan MTQ dengan program promosi industri dapat membantu meningkatkan sektor perekonomian di Kabupaten Bekasi.

"Kita tahu di sini kota industri dan sudah berjalan dengan baik sehingga MTQ juga akan berjalan dengan baik, bermanfaat bagi masyarakat," ucapnya.

Ia juga mengapresiasi penyelenggaraan MTQ Jabar 2024 di Kabupaten Bekasi sebagai pelaksanaan paling ramai dan terbaik. Dia berharap kemeriahan ini terus dijaga hingga penutupan nanti.

"Ini penyelenggaraan terbaik, teramai, banyak sekali pesertanya. Tentunya tidak hanya pembukaan tapi nanti hingga penutupan ramai dan bermanfaat bagi masyarakat, karena kita berharap persatuan dan kesatuan tetap terjaga sehingga penyelenggaraan ini akan berjalan dengan baik," ucap dia.

Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan menyatakan tur wisata industri disediakan gratis bagi peserta sekaligus sebagai upaya mempromosikan sektor pariwisata ke daerah lain di Jawa Barat.

"Memang tidak banyak yang memiliki wisata industri sedangkan di Kabupaten Bekasi ini kawasan terbesar. Maka selama penyelenggaraan MTQ seluruh peserta bisa menikmati wisata industri secara gratis," katanya.

Dani pun memastikan penyelenggaraan MTQ ke-38 Jawa Barat di Kabupaten Bekasi ini berdampak terhadap peningkatan ekonomi yang secara langsung dirasakan oleh masyarakat.

"Di antaranya hotel penuh, kemudian katering, rental mobil, dan kita buka juga Bazar UMKM. Di setiap titik perlombaan tersebut ada peserta yang belanja, berujung dengan peningkatan pendapatan daerah," katanya.

Baca juga: BPOLBF sebut Komodo Travel Mart jadi ajang promosi destinasi NTT

Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Bekasi Iyan Priyatna mengatakan visit factory atau kunjungan ke pabrik disediakan di tiga perusahaan mengingat keterbatasan waktu penyelenggaraan MTQ Jawa Barat 2024.

"Karena waktunya memang singkat, kunjungan hanya ke dua pabrik makanan dan satu pabrik manufaktur. Semua gratis, kita yang menyediakan bus, peserta tinggal daftar saja di grup kafilah masing-masing atau dipersilakan menghubungi LO masing-masing yang ada di hotel," katanya.

Pihaknya menjadwalkan wisata industri mulai Kamis (2/5) dengan rute keberangkatan awal dari Shelter Masjid Agung Nurul Hikmah, kompleks perkantoran Pemkab Bekasi.

Iyan berharap wisata industri ini mampu menyebarluaskan informasi seputar pariwisata berdasarkan hasil kunjungan para kafilah peserta MTQ dari 27 kabupaten dan kota se-Jawa Barat.

"Ini sebagai branding bahwa Kabupaten Bekasi memiliki wisata industri. Diharapkan setelah MTQ selesai akan ada multiplier effect dan kunjungan sekolah-sekolah di Jawa Barat ke Kabupaten Bekasi," kata dia.

Perhelatan MTQ ke-38 tingkat provinsi 2024 ini diikuti 5.000 lebih peserta dari 27 kota serta kabupaten se-Jawa Barat digelar di 12 titik yang tersebar di dua lokasi utama yakni kompleks perkantoran Pemkab Bekasi dan Stadion Wibawa Mukti Cikarang.

Ajang perlombaan keagamaan ini dibuka Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Triadi Machmudin bersama Penjabat Bupati Bekasi Dani Ramdan di arena utama Lapangan Plasa Pemkab Bekasi pada Minggu (28/4) malam dan akan berakhir Sabtu (4/5).

Baca juga: China akan luncurkan kampanye promosi pariwisata selama sebulan penuh

MTQ ke-38 Jawa Barat 2024 juga dimeriahkan sejumlah agenda tambahan mulai dari pawai taaruf kafilah peserta, pameran dan bazar, kegiatan seni budaya Lebaran Bekasi, hingga program wisata industri selama penyelenggaraan berlangsung.

MTQ ke-38 mempertandingkan 12 kategori lomba dewasa dan anak dengan rincian Tilawah Dewasa dan Qiraat Mujjawad, Tilawah Remaja dan Disabilitas Netra, Tartil dan Tilawah Anak-Anak, serta Qiraat Murrotal Remaja dan Dewasa.

Kemudian Tahfidz 1 Juz dan 5 Juz, Tahfidz 10 Juz dan 20 Juz, Tahfidz 30 Juz dan Tafsir Bahasa Inggris, Tafsir Bahasa Indonesia dan Bahasa Arab, Fahmil Quran, Syarhil Quran, Karya Tulis Ilmiah Quran, dan Hafal Quran.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024