Palembang (ANTARA) -
Lembaga Administrasi Negara (LAN) Republik Indonesia (RI) melakukan visitasi akreditasi ke Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) guna meningkatkan indeks profesional para pegawai di lingkungan Pemprov Sumsel.
 
Kepala Pusat Pelatihan dan Pengembangan dan Pemetaan Kompetensi LAN RI Riyadi di Palembang, Selasa, menjelaskan bahwa indeks profesional tersebut ditingkatkan dalam rangka visitasi akreditasi BPSDMD Sumsel.
 
"Adapun unsur-unsur untuk akreditasi bagaimana perencanaannya, bagaimana dengan manajemen pengelolaan, bagaimana kurikulum, bagaimana pembiayaan sarana prasarana dan penjaminan mutunya," katanya.


Baca juga: LAN RI beri akreditasi bintang satu untuk BPSDM Sumbar
Ia menambahkan LAN ingin betul-betul menjaga penyelenggara diklat secara profesional, karena SDM ASN harus profesional. Salah satu menciptakan profesionalitas, itu dibentuk dengan pendidikan dan pelatihan.
 
Menurutnya, hal-hal yang masih harus ditingkatkan seperti sarana cukup memadai, tapi perlu ditingkatkan. Karena kenyamanan peserta dalam mengikuti program pelatihan atau sekarang disebut pengembangan potensi harus nyaman dalam sarana prasarana.

Baca juga: Lulus pendidikan di LAN, Ini janji dua pejabat di DPD RI bagi masyarakat
 
Kepala BPSDMD Provinsi Sumsel Edwar Juliartha mengatakan, akreditasi ini bagi BPSDMD sangat penting, karena salah satu bidang manajerial memang akreditasi nya harus diperoleh dari LAN.
 
"Kemarin akreditasi kita ada kendala karena pelaksanaannya yang dilaksanakan belum sesuai prosedur. Lalu pada Oktober 2023, akreditasi latsar, PKP dan PKA habis masa berlakunya maka visitasi dari LAN ini sudah kami harapkan," katanya.

Baca juga: Kepala LAN paparkan penggunaan anggaran di Komisi II DPR
Baca juga: Disporapar Parepare menginovasikan kantor layaknya destinasi wisata

Pewarta: M. Imam Pramana
Editor: Tunggul Susilo
Copyright © ANTARA 2024