Kami sampaikan terima kasih atas dipilihnya IPB sebagai sasaran sosialisasi,"
Bogor (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum menggelar sosialisasi mengenai pemilu dengan tajuk "KPU Goes to Campus" di Kampus Institut Pertanian Bogor (IPB) Dramaga, Jawa Barat.

"Kami sampaikan terima kasih atas dipilihnya IPB sebagai sasaran sosialisasi," kata Direktur Kemahasiswaan IPB Dr. Rinekso Soekmadi di Bogor, Jawa Barat, Jumat.

Ia menyampaikan pentingnya partisipasi mahasiswa dalam pemilu sehingga kehadiran KPU di IPB dapat memberikan informasi dan pencerahan terhadap Pemilu 2014.

Ditegaskannya bahwa mahasiswa merupakan pemilih potensial.

Mahasiswa IPB yang aktif saat ini berkisar antara 24.000 dan 27.000. Jumlah itu masih belum ditambah keluarganya.

"Mahasiswa diharapkan menjadi corong pentingnya pemilu, terutama dalam situasi sekarang," katanya.

Rinekso Soekmadi menambahkan bahwa mahasiswa hendaknya turut menyosialisasikan mengenai pemilu kepada rekan dan kerabat terdekatnya.

Selain sosialisasi, dalam acara yang telah dilaksanakan pada hari Rabu (4/12) atas kerja sama dengan Direktorat Kemahasiswaa IPB itu, juga disampaikan cara-cara lainnya terkait dengan pemilu yang mengedepankan sistem langsung, umum, bebas, rahasia (luber) dan jujur serta adil.

Kepala Bagian Bina Partisipasi Masyarakat KPU Pusat Titi Prihati Wahyuningsih menjelaskan bahwa sosialisasi di kampus dilakukan dalam rangka peningkatan partisipasi masyarakat pemilih dalam Pemilu 2014.

Peran serta masyarakat, termasuk mahasiswa, kata dia, merupakan tolak ukur keberhasilan pemilu.

Ia menjelaskan bahwa KPU menargetkan partisipasi masyarakat sebesar 75 persen. Untuk mencapai target tersebut, KPU melakukan kerja keras.

Upaya KPU sendiri, di antaranya bekerja sama dengan akademisi karena banyak pemilih pertama di perguruan tinggi.

"IPB merupakan perguruan tinggi ke-26 yang didatangi langsung KPU untuk sosialisasi. Targetnya tujuh perguruan tinggi lagi," katanya.(*)

Pewarta: Andi Jauhari
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013