Kami mendampingi pak Sandiaga Uno bersama rombongan dan mitra pariwisata Kaltim mengadakan serangkaian kegiatan...
Balikpapan (ANTARA) -
Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Kalimantan Timur Ririn Sari Dewi bersama Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno serta mitra pariwisata membina komunitas untuk memperkuat sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di sekitar Ibu Kota Nusantara (IKN).
 
"Kami mendampingi pak Sandiaga Uno bersama rombongan dan mitra pariwisata Kaltim mengadakan serangkaian kegiatan, salah satunya adalah Nemuin Komunitas (Netas) bertajuk Komunitas Sebagai Lokal Hero Pariwisata dan Ekonomi Kreatif," kata Ririn di Samarinda, Rabu.

Baca juga: Kemenparekraf gelar program penguatan kemasan produk ekraf di IKN
 
Ia menyampaikan, kunjungan kerja Menparekraf selama dua hari di Balikpapan dan Ibu Kota Nusantara (IKN), salah satunya meninjau lokasi investasi hotel.
 
"Kunjungan ini bertujuan untuk meninjau langsung beberapa lokasi penting di IKN, termasuk plaza seremoni, rencana lokasi kantor Kemenparekraf, rumah dinas Menparekraf, serta lokasi investasi hotel," ujar Ririn.
 
Kegiatan ini, imbuh Ririn, merupakan bagian dari upaya Menparekraf untuk memperkuat peran serta komunitas lokal dalam mengembangkan sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah penyangga IKN.
 
Ia menyampaikan, Sandiaga Uno juga berkesempatan untuk berdialog dengan para pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif. Diskusi ini bertujuan untuk mendengarkan aspirasi dan tantangan yang dihadapi oleh para pelaku industri, sekaligus mencari solusi bersama untuk memajukan sektor ini di masa depan.
 
"Kunjungan Menparekraf ini menandai komitmen pemerintah dalam mengembangkan wilayah sekitar IKN sebagai pusat baru pertumbuhan ekonomi, khususnya di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif," papar Ririn.

Baca juga: Menparekraf: Workshop KaTa Kreatif Badung dongkrak nilai tambah ekraf
 
Ia menerangkan, kunjungan Menparekraf ke Kaltim sejak Selasa (30/4) hingga Rabu (1/5) diharapkan dapat memberikan gambaran lebih jelas mengenai potensi dan pengembangan pariwisata serta ekonomi kreatif di kawasan tersebut.
 
Lanjutnya, dengan potensi yang dimiliki, IKN diharapkan dapat menjadi model pengembangan kota yang berkelanjutan dan inklusif, yang mampu memberikan manfaat bagi masyarakat setempat dan meningkatkan kesejahteraan mereka.
 
Hal ini dilakukan melalui berbagai program dan kebijakan yang dirancang untuk mendukung inovasi, kreativitas, dan kewirausahaan di kalangan masyarakat lokal.
 
"Kegiatan kunjungan kerja Menparekraf ini diharapkan dapat memberikan dampak positif dan menguatkan lebih banyak lagi kemajuan bagi sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia, khususnya di IKN dan Kalimantan Timur," ungkap Ririn.

Pewarta: Ahmad Rifandi
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024