Setelah ini, kami akan memberikan yang terbaik untuk Indonesia (pada perempat final nanti)
Chengdu, China (ANTARA) - Ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin memastikan Indonesia keluar sebagai juara Grup C Piala Thomas 2024 yang diadakan di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Rabu.

Leo/Daniel menang atas pasangan India Dhruv Kapila/Sai Pratheek melalui dua gim langsung dengan skor 22-20, 21-11 dalam tempo 38 menit.

Di atas kertas, Leo/Daniel memang lebih unggul bila dibandingkan dengan pasangan India ini. Namun, pada awal gim pertama, kedua pasangan masih sama-sama mencari pola permainan apa yang cocok untuk menghadapi lawan masing-masing.

Perebutan angka berlangsung cukup alot, terutama pada pertengahan gim pertama, di mana Leo/Daniel dan Kapila/Pratheek saling bersaing memperebutkan keunggulan.

Baca juga: Leo/Daniel pastikan kemenangan Indonesia atas Thailand di fase grup

Bermain dengan cepat dan agresif, sang juara bertahan Indonesia Masters pun akhirnya merebut gim pertama dengan skor tipis 22-20.

“Di gim pertama memang cukup ketat, tapi kita coba pelan-pelan dan tidak boleh terbawa dengan tempo lawan dan tetap fokus,” kata Leo saat ditemui setelah pertandingan.

“Kami tidak kaget, hanya saja kemampuan mereka masing-masing juga terbilang baik. Tapi kami mencoba fokus dan lebih mengontrol,” ujar Daniel.

Berbekal kepercayaan diri setelah merebut kemenangan pertama mereka, Leo/Daniel kembali menerapkan strategi yang lebih mengandalkan kecepatan dan pertahanan yang rapat, sehingga membuat pasangan India terlihat tidak nyaman dan kesulitan untuk mengantisipasi bola dari wakil Indonesia.
 

Pebulu tangkis ganda putra Indonesia Leo Rolly Carnando (kiri) dan Daniel Marthin (kanan) berusaha mengembalikan kok ke arah lawannya pebulu tangkis ganda putra Thailand Sirawit Sothon dan Natthapat Trinkajee dalam babak kualifikasi grup Piala Thomas 2024 di Chengdu Hi Tech Zone Sports Center Gymnasium, Chengdu, China, Senin (29/4/2024). ANTARA FOTO/Galih Pradipta/foc. (ANTARA FOTO/GALIH PRADIPTA)
Baca juga: Pelatih soroti pentingnya konsistensi bagi Leo/Daniel

Unggul jauh 17-8, Leo/Daniel semakin memperpanjang keunggulan mereka dengan meraih matchpoint lalu membungkus kemenangan gim kedua dengan skor cukup telak 21-11.

“Setelah ini, kami akan memberikan yang terbaik untuk Indonesia (pada perempat final nanti),” kata Leo.

Dengan ini, maka skuad putra Indonesia sudah dipastikan bertemu dengan runner up grup lainnya, alih-alih unggulan satu dan dua. Besar harapan bagi Tim Merah-Putih untuk bisa meneruskan tradisi medali pada ajang beregu dunia kali ini.

Dua kemenangan lainnya yang dibukukan oleh skuad putra Indonesia adalah melalui ganda putra Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan tunggal putra Jonatan Christie.

Sementara itu, Indonesia masih menyisakan tunggal putra Chico Aura Dwi Wardoyo yang akan menghadapi Kidambi Srikanth pada partai terakhir fase grup hari ini.

Baca juga: Jonatan gandakan keunggulan Indonesia atas India di fase grup
Baca juga: Bagas/Fikri samakan kedudukan Indonesia atas India di fase grup
Baca juga: Ginting tak mampu atasi tekanan pada fase grup terakhir


Pewarta: Arnidhya Nur Zhafira
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024