Jakarta (ANTARA) - Menteri BUMN yang juga merupakan Anggota Dewan Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) Erick Thohir memastikan organisasi basket dunia tersebut akan berkantor di Indonesia, usai melakukan pertemuan dengan Anggota Dewan FIBA Ingo Weiss di Jakarta.

“Bertemu dengan sesama FIBA Central Board, Ingo Weiss di Jakarta. Kabar baik untuk bola basket nasional, FIBA akan membuka kantor di Indonesia,” tulis Erick pada unggahan di akun resmi media sosial Instagram pribadinya yang dikutip di Jakarta, Rabu.

Sebelum bertemu Erick Thohir, sejumlah perwakilan FIBA juga bertemu dengan pengurus teras PP Perbasi di GBK Arena Senayan Jakarta. Perwakilan FIBA yang hadir adalah Direktur Eksekutif FIBA David Crocker, Anggota Dewan FIBA Ingo Weiss, dan Anggota Dewan Eksekutif dan Kepala Bagian Keuangan FIBA Patrick Mariller.

Kunjungan FIBA itu diterima oleh Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih, Sekretaris Jenderal Perbasi Nirmala Dewi, Wasekjen Perbasi Rufiana, Wakil Ketua Umum Bidang Kompetisi Ratana Arya Krishnan, serta Direktur Legal dan Disiplin George Fernando Dendeng.

Perwakilan FIBA tersebut mengapresiasi perkembangan bola basket Indonesia yang telah dinilai sukses dalam menyelenggarakan Piala Dunia FIBA 2023 pada pertengahan tahun lalu.

FIBA berkunjung ke kantor pusat PP Perbasi di lantai delapan GBK Arena dan juga meninjau lapangan latihan yang ada pada gedung tersebut. Para perwakilan FIBA tersebut juga mendengarkan paparan dari Nirmala Dewi mengenai berbagai program Perbasi yang menaungi perwakilan pengurus di 34 provinsi Indonesia.

Sebelumnya, para petinggi FIBA juga menyempatkan diri bertemu dengan para pemain di GBK Arena yang sedang berjuang menembus Timnas Basket U-18 Putra untuk tampil di SEABA U-18 Juli mendatang.

Ingo yang merupakan Ketua Federasi Bola Basket Jerman dan secara tidak langsung membawa negaranya menjadi juara Piala Dunia FIBA 2023, membagikan nasihat kepada para pemain muda yang sedang berlatih. Dia memberikan motivasi kepada pemain agar fokus menjadi pemain besar di masa mendatang dengan menerapkan pola hidup sehat.

Rencananya, perwakilan FIBA juga akan bertemu Menteri Pemuda dan Olahraga Dito Ariotedjo di Kantor Kemenpora pada Kamis (2/5) untuk mematangkan rencana FIBA membangun kantor di Indonesia.

Baca juga: Perbasi akan gelar kompetisi Liga Basket Putri Jakarta

Baca juga: Perbasi apresiasi Pelita Jaya lolos babak utama BCL Asia 2024

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2024