Kepada para tenaga pendidik, saya berpesan agar dapat menciptakan lingkungan yang nyaman, terbuka, dan mendorong kemajuan berpikir anak
Sleman (ANTARA) - Sejumlah sekolah di Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), melakukan konser kompilasi karya seni tari dan lagu dari berbagai daerah di Indonesia pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di Lapangan Pemda Sleman, Kamis.

Konser Hardiknas tersebut dibawakan siswa-siswa dari SMP Negeri 1 Kalasan, SMP Negeri 2 Mlati, SMP Negeri 1 Godean, SMP Negeri 5 Depok, SMP Negeri 1 Turi, dan SMP Pangudi Luhur Moyudan. Konser ini diiringi musik dari Tim Paduan Suara SMP Negeri 3 Sleman, dan PDBI Tim Gita Sembada.

Bupati Sleman Kustini Sri Purnomo yang sekaligus sebagai Inspektur Upacara Hardiknas tahun 2024 mengapresiasi serta menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak yang turut menyukseskan kegiatan ini.

Baca juga: Nadiem: Gerakan Merdeka Belajar upaya majukan pendidikan RI

"Kami juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak yang terlibat dalam bidang pendidikan atas segala dedikasi, ikhtiar, kepedulian, dan perhatian, yang diberikan dalam memajukan pendidikan anak bangsa," kata Kustini.

Ia mengajak seluruh elemen masyarakat mulai dari birokrasi, pendidik, peserta didik, orangtua, hingga masyarakat luas, untuk bahu membahu dalam memajukan pendidikan.

"Hal ini sesuai dengan tema Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 yakni Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar," katanya.

Baca juga: Ini alasan Menag dukung keberlanjutan Program Merdeka Belajar

Menurut dia, tantangan pendidikan ke depan semakin berat dan kompleks, sehingga menuntut semua untuk semakin kreatif dan inovatif mengoptimalkan proses belajar mengajar.

"Kepada para tenaga pendidik, saya berpesan agar dapat menciptakan lingkungan yang nyaman, terbuka, dan mendorong kemajuan berpikir anak," kata Kustini.

Baca juga: Hardiknas 2024, ICMI ajak masyarakat untuk terus belajar
Baca juga: KSP harap Hardiknas jadi momentum percepatan sertifikasi guru

 

Pewarta: Victorianus Sat Pranyoto
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2024