Martapura (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan mendapat penghargaan dalam pelaksanaan revitalisasi bahasa daerah Komering dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia.

Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Bupati OKU Timur, Lanosin Hamzah dì Hotel Sultan, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis.

Kepala Dinas Pendidikan OKU Timur, Wakimin mengatakan bahwa penghargaan kabupaten dengan revitalisasi bahasa daerah terbaik diserahkan dalam Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Nasional dan Rapat Koordinasi Penguatan RBD antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah.

"OKU Timur dinilai sukses melaksanakan revitalisasi bahasa daerah dalam hal ini Bahasa Komering," kata Wakimin.

Dia menjelaskan, penghargaan dan apresiasi ini didapat berkat komitmen Pemkab OKU Timur yang terus konsisten melakukan revitalisasi Bahasa Komering khas daerah setempat.

Salah satunya melaksanakan Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) tingkat kabupaten dan provinsi hingga pengimbasan kepada guru-guru di wilayah itu.

Selain itu, pemerintah daerah melalui Dinas Pendidikan OKU Timur juga telah memasukkan bahasa daerah Komering menjadi mata pelajaran Muatan Lokal (Mulok) di sekolah-sekolah di daerah berjuluk Bumi Sebiduk Sehaluan tersebut.

Baca juga: Kemendikbudristek tekan laju kepunahan bahasa daerah lewat FTBIN 2024

Menurut dia, dimasukkannya Bahasa Komering dalam mata pelajaran tersebut agar bahasa khas daerah masyarakat OKU Timur itu tidak punah sering dengan kemajuan zaman.

Bahkan, Bahasa Komering saat ini sudah memiliki kamus bahasa sendiri dengan 1.000 kosakata khas daerah setempat.

"Suatu kebanggaan bahasa khas Kabupaten OKU Timur memiliki kamus sendiri, bahkan menjadi bagian dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)," kata dia.

Baca juga: Kemendikbudristek revitalisasi bahasa daerah Pulau Bangka

Pewarta: Edo Purmana
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024