Penghargaan ini menunjukkan bahwa komitmen Badak LNG sangat tinggi terhadap aspek kesehatan dan keselamatan kerja di lingkungan perusahaan
Jakarta (ANTARA) - Badak LNG meraih tiga penghargaan dalam ajang World Indonesia-Pakistan Safety Culture Award (WISCA-WPSCA) 2024 sebagai hasil komitmen terhadap budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3).

Dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis, anak perusahaan Subholding Upstream Pertamina itu meraih penghargaan Platinum sebagai penghargaan tertinggi bagi perusahaan yang menjalankan budaya K3 dengan baik di tempat kerja. Ini menjadi penghargaan ketiga oleh World Safety Organization (WSO) yang diraih Badak LNG sejak tahun 2022.

Selain penghargaan Platinum, Badak LNG juga mendapatkan penghargaan WSO Award 2024 sebagai Concerned Company Award Top Perform Zero Accident serta Concerned ESG Award (Environmental, Social, and Governance).

President Director dan CEO Badak LNG Achmad Khoiruddin mengatakan bahwa pencapaian tersebut adalah hasil kerja keras seluruh pihak di perusahaan.

Baca juga: Badak LNG Sabet Penghargaan Platinum di Global CSR & ESG Summit & Awards

“Prestasi ini adalah hasil kerja keras dan kerja sama seluruh pihak di Badak LNG. Kami akan terus berupaya untuk menerapkan budaya keselamatan dan kesehatan kerja dengan standar terbaik,” kata Khoiruddin.

Dia menyebutkan untuk dapat mendapatkan penghargaan itu, Badak LNG mengikuti proses verifikasi pada 8 April 2024. Tim verifikator yang dipimpin oleh Chairman WSO Indonesia, Soehatman Ramli dan dihadiri oleh Director & COO Badak LNG Teten Hadi Rustendi, memeriksa secara teliti upaya-upaya yang dilakukan Badak LNG dalam membangun dan mempertahankan budaya keselamatan unggul di lingkungan Perusahaan dan juga pencapaian yang telah diperoleh oleh Badak LNG terutama pencapaian lebih dari 125 juta jam kerja aman sejak tahun 2006.
 
Badak LNG meraih tiga penghargaan dalam ajang World Indonesia-Pakistan Safety Culture Award (WISCA-WPSCA) 2024 sebagai hasil komitmen terhadap budaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3). ANTARA/HO-Badak LNG


Senior Manager SHE&Q Badak LNG, Pandu Wijaya Perwira, menambahkan bahwa penghargaan ini menjadi bukti komitmen perusahaan yang tinggi terhadap aspek K3.

Baca juga: Badak LNG dorong pembangunan pipa gas menuju IKN

“Penghargaan ini menunjukkan bahwa komitmen Badak LNG sangat tinggi terhadap aspek kesehatan dan keselamatan kerja di lingkungan perusahaan,” ujar Pandu.

Dia menuturkan meski bergerak di industri yang memiliki risiko tinggi, Badak LNG telah membuktikan bahwa kegiatan operasionalnya bisa dijalankan dengan aman. Capaian lebih dari 17 tahun tanpa kecelakaan kerja sejak 2006 ini menjadi bukti bahwa Badak LNG secara konsisten telah menerapkan dan menjalankan budaya K3 dengan baik dan efektif.

Adapun salah satu faktor yang mempengaruhi kuatnya budaya keselamatan di Badak LNG, katanya, adalah adanya komitmen manajemen yang nyata.

Dalam prosesnya, Badak LNG juga menjalankan langkah-langkah seperti program SHEQ Tour and Review (STAR), Attitude Reinforcement Technique (ART) Card, dan inisiatif lainnya yang telah menjadi bagian integral dari upaya perusahaan dalam meningkatkan kesadaran akan aspek K3.

Dengan diterimanya penghargaan ini telah menjadi wujud nyata komitmen Badak LNG dalam menjalankan kegiatan operasionalnya dengan andal dan aman, serta menyediakan lingkungan kerja yang sehat dan selamat bagi seluruh pekerjanya.

Baca juga: Badak LNG siap ekspansi bisnis sebagai penyedia jasa penyimpanan
Baca juga: Badak LNG berharap LNG Hub jadi Proyek Strategis Nasional

Pewarta: Mecca Yumna Ning Prisie
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024