Jakarta (ANTARA) - Pada Kamis (2/5), BMKG memastikan udara panas yang dirasa di sebagian besar wilayah Indonesia bukan heatwave. Adapula berita tentang penandatanganan UU Desa yang salah satu isinya memperpanjang masa jabatan kepala desa.

Selain itu, warta tentang angka kematian akibat demam berdarah dengue (DBD) mencapai 621 orang atau lebih tinggi dari 2023. Kemudian, 300 kepala keluarga yang terdampak erupsi Gunung Ruang akan direlokasi.

Berita-berita tersebut menjadi topik pilihan dan dapat kembali disimak dalam ringkasan berikut.

1. BMKG pastikan udara panas yang melanda Indonesia bukan “heatwave”

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memastikan fenomena udara panas yang melanda Indonesia beberapa hari terakhir bukan merupakan gelombang panas atau heatwave.

“Jika ditinjau secara karakteristik fenomena, maupun secara indikator statistik pengamatan suhu kita tidak termasuk ke dalam kategori heatwave, karena tidak memenuhi persyaratan sebagai gelombang panas,” kata Deputi Meteorologi BMKG Guswanto di Jakarta, Kamis.

2. Gunung Merapi muntahkan 15 kali guguran lava sejauh 1,8 kilometer

Gunung Merapi di perbatasan Jawa Tengah (Jateng) dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) pada Kamis meluncurkan guguran lava sebanyak 15 kali dengan jarak luncur maksimum 1,8 kilometer.

Kepala BPPTKG Yogyakarta Agus Budi Santoso dalam keterangan di Yogyakarta, Kamis, menjelaskan berdasarkan pengamatan pukul 00:00 hingga 06:00 WIB, guguran lava itu meluncur ke arah Kali Bebeng.

3. Presiden Jokowi teken UU Desa, perpanjang masa jabatan kades

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menandatangani dokumen Undang-Undang (UU) Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang memuat sejumlah revisi ketentuan sebelumnya, mulai dari masa jabatan kepala desa (kades) hingga dana rehabilitasi.

Dalam dokumen salinan yang diunggah pada laman Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum (JDIH) Kementerian Sekretariat Negara (Kemensetneg) di Jakarta, Kamis, UU tersebut diteken Presiden per 25 April 2024.

4. Kemenkes catat 621 kematian akibat DBD pada minggu ke-17

Kementerian Kesehatan RI mencatat bahwa terdapat 621 kematian akibat demam berdarah dengue (DBD) pada minggu ke-17 tahun 2024, sementara itu pada periode yang sama pada 2023 terdapat 209 kematian.

Dalam keterangan yang diterima dari Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi di Jakarta, Kamis, pada minggu ke-17 terdapat 88.593 kasus DBD, sementara pada periode yang sama pada 2023 ada 28.579 kasus.

5. Pemerintah akan relokasi 300 KK terdampak erupsi Gunung Ruang

Pemerintah berencana merelokasi sekitar 300 kepala keluarga yang terdampak erupsi Gunung Ruang, Kabupaten Kepulauan Sitaro, Sulawesi Utara, ke wilayah yang dinilai lebih aman dari dampak erupsi gunung tersebut.

"Dan direlokasi ini tadi sudah ada kesepakatan untuk kesepakatan informal, bahwa untuk wilayah yang ada di akibat erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara. Karena itu ada sekitar 300 KK yang harus direlokasi," ujar Menko PMK Muhadjir Effendy di Jakarta, Kamis.

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Indra Gultom
Copyright © ANTARA 2024