Budapest (ANTARA) - Kantor Berita Xinhua China dan ATV Media Group Hongaria pada Kamis (2/5) menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) tentang kesepakatan memperkuat kerja sama di berbagai tingkatan dan lintas bidang yang luas, termasuk pertukaran berita dan produk informasi, serta komunikasi personel.

Presiden Kantor Berita Xinhua Fu Hua dan CEO ATV Tamas Kovacs bersama-sama menandatangani MoU tersebut.

Fu mengatakan tahun ini menandai peringatan 75 tahun terjalinnya hubungan diplomatik antara China dan Hongaria, dan dalam beberapa hari mendatang, Presiden Xi Jinping akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Hongaria.

Mengikuti panduan strategis diplomasi kepala negara, Xinhua bersedia bekerja sama dengan ATV untuk mengonsolidasikan "jembatan persahabatan" pertukaran budaya China-Hongaria, meningkatkan kerja sama dalam penerapan teknologi baru di industri media, dan bersama-sama menyampaikan dengan baik berita perkembangan hubungan bilateral yang berkualitas tinggi untuk membangun lingkungan opini publik yang baik bagi pertukaran dan kerja sama persahabatan China-Hongaria, ungkap Fu.

Kovacs berharap penandatanganan MoU ini bisa menjadi peluang untuk memperdalam kerja sama ATV dengan Xinhua dan mendorong sikap saling memahami antara rakyat kedua negara.

ATV, yang merupakan saluran televisi swasta pertama Hongaria, memimpin saluran berita Hongaria dalam hal jumlah pemirsa. Dalam beberapa tahun terakhir, Xinhua dan ATV terus terlibat dalam kerja sama penerjemahan, penerbitan, dan pemasaran, yang meraih hasil-hasil signifikan.
 

Pewarta: Xinhua
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2024