Kerja sama antara Pemkab Tanah Laut dengan Pemkab Probolinggo merupakan langkah strategis bagi kedua pihak,....
Probolinggo, Jawa Timur (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, dan Pemerintah Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur,  menandatangani perjanjian kerja sama untuk pemenuhan pasokan komoditas bawang merah.

"Kerja sama antara Pemkab Tanah Laut dengan Pemkab Probolinggo merupakan langkah strategis bagi kedua pihak, terutama untuk menjaga ketersediaan pasokan dan keterjangkauan harga bawang merah," kata Penjabat Bupati Probolinggo Ugas Irwanto dalam keterangan tertulis yang diterima pada Sabtu.

Menurutnya ada beberapa kecamatan di Kabupaten Probolinggo yang merupakan sentra bawang merah yaitu di Kecamatan Dringu, Leces, Tegalsiwalan, Gending, Maron, Banyuanyar, Kraksaan dan juga di Kecamatan Paiton.

"Di sentra-sentra tersebut dapat membantu kelancaran suplai bawang merah, salah satunya ke Kabupaten Tanah Laut, Kalsel," tuturnya.

Baca juga: Petani bawang di Bali butuh sumur bor atasi keterbatasan air

Sementara itu Pj Bupati Tanah Laut Syamsir Rahman menyampaikan terima kasih dan rasa syukurnya bisa bekerja sama dengan Kabupaten Probolinggo dan responnya sangat baik, serta cepat.

"Kami juga ingin belajar tentang pertanian bawang merah karena produksinya tinggi di Kabupaten Probolinggo karena di Kabupaten Tanah Laut terdapat beberapa kendala," katanya.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo Susilo Isnadi mengatakan pihaknya menindaklanjuti dengan melakukan penandatanganan perjanjian kerja sama yang dilakukan oleh Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Laut dengan Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo.

Kerja sama itu intinya adalah transplantasi ilmu budidaya tanaman bawang dari Kabupaten Probolinggo ke Kabupaten Tanah Laut dengan kerja sama penyediaan bibit, teknologi budidaya tanaman, pupuk dan sekolah lapang.

"Melalui perjanjian kerja sama itu kami akan melakukan bimbingan yang dimulai dari penanaman sampai setelah panen di Kabupaten Tanah Laut," ujarnya.

Baca juga: BPS: Inflasi Jakarta pada April dipengaruhi harga bawang merah

Pemkab Probolinggo memfasilitasi kerja sama itu dalam hal business to business yang dimulai dari MoU antarpemerintah daerah yang tujuannya untuk membantu Kabupaten Tanah Laut mencukupi kebutuhan bawang merah di daerahnya.

Penandatanganan MoU dilakukan oleh Pj Bupati Probolinggo Ugas Irwanto dengan Pj Bupati Tanah Laut Syamsir Rahman, sedangkan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dilakukan oleh Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Tanah Laut Faried Widiyatmoko dan Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Probolinggo Susilo Isnadi, dilanjutkan oleh Kepala Dinas Koperasi dan Perdagangan Kabupaten Tanah Laut Syahrian Nurdin dengan kepala Dinas DKUPP Kabupaten Probolinggo Taufik Alami.

Pewarta: Zumrotun Solichah
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2024