Karya mahasiswa ITS yang menciptakan Nogogeni ini harus terus didukung agar ke depan Indonesia mampu menciptakan kendaraan ramah lingkungan sendiri
Surabaya (ANTARA) - PT Surabaya Industrial Estate Rungkut (SIER) mendukung perkembangan pemanfaatan energi hijau di Tanah Air melalui riset mobil hemat energi "Nogogeni" karya mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya.

Direktur Utama (Dirut) PT SIER Didik Prasetiyono dalam keterangannya di Surabaya, Sabtu, mengatakan konsep mobil seperti Nogogeni tersebut akan dibutuhkan di masa mendatang, tidak hanya hemat energi, namun juga ramah lingkungan.

Baca juga: UI Supermileage Vehicle raih tiga gelar kontes mobil hemat energi
 
“Semangat Nogogeni yang ingin menciptakan kendaraan ramah lingkungan dan hemat energi ini, sejalan dengan prinsip SIER yang diejawantahkan dalam tagline Green, Modern and Integrated dalam mengelola kawasan industri,” katanya.
 
Menurut pria yang juga menjabat sebagai Wakil Ketua Himpunan Kawasan Industri (HKI) tersebut, dengan menggunakan bahan bakar etanol dapat mengurangi emisi gas rumah kaca dan ketergantungan pada minyak bumi serta meningkatkan keberlanjutan energi.
 
“Karya mahasiswa ITS yang menciptakan Nogogeni ini harus terus didukung agar ke depan Indonesia mampu menciptakan kendaraan ramah lingkungan sendiri. Karena ke depan isu lingkungan ini sangat sensitif di tengah perubahan iklim yang sangat ekstrim,” ujarnya.
 
Sejumlah orang yang tergabung dalam "Nogogeni ITS Team" saat gelaran PEVS 2024 di Jakarta, beberapa waktu lalu. ANTARA/HO-PT SIER
 
Sementara itu, Non Technical Manager Nogogeni ITS Team Yufi Rizky Amalia mengaku timnya memiliki banyak riset, seperti mobil urban listrik, mobil urban etanol dan motor listrik.

Baca juga: Kemendikbudristek: Kontes Mobil Hemat Energi sarana inovasi mahasiswa
 
“Dari hasil riset kami, Nogogeni memiliki harapan untuk tetap bereksistensi pada ajang perlombaan Kontes Mobil Hemat Energi (KMHE) 2024, dengan mempertahankan juara satu pada kategori urban listrik yang sudah lima tahun berturut-turut serta meraih juara 1 pada kategori urban etanol," ujar Rizky.
 
Tidak hanya itu saja, pihaknya juga akan terus melakukan riset untuk mempersiapkan perlombaan Internasional.
 
“Tahun 2024 ini, Nogogeni ITS Team bangga menjadi sebagai salah satu peserta pameran kendaraan listrik terbesar se Asia Tenggara, yakni PEVS 2024, yang diikuti oleh berbagai merek mobil dan motor listrik ternama, serta perusahaan produsen pendukung otomotif listrik dari dalam dan luar negeri,” ucapnya.
 
Oleh karena itu, pihaknya berterima kasih kepada PT SIET yang turut andil membantu inovasi anak bangsa.
 
Nogogeni ITS Team mengucapkan banyak terima kasih atas dukungannya PT SIER, sehingga dapat meningkatkan riset kami. Secara tidak langsung juga SIER mendukung inovasi anak bangsa, serta mendukung electrical vehicle yang ramah lingkungan di Indonesia," tuturnya.

Baca juga: Mahasiswa UGM tampilkan mobil listrik hemat energi Urban Hydroz

Pewarta: Indra Setiawan/Naufal
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2024