Jakarta (ANTARA News) - Viktoria Plzen secara dramatis memenangi pertandingan terakhirnya kala menjamu CSKA Moksow sekaligus membuat tim Ceko itu meraih satu tiket Liga Europa.

Plzen terhindari dari posisi juru kunci untuk menempati posisi tiga yang sekaligus jatah Liga Europa, di bawah pemuncak klasemen Grup D Bayern Munchen kendati klub Jerman ini kalah 2-3 dari Manchester City di kandangnya di Jerman.

Bertanding di Struncovy Sady Stadion, Plzen, tuan rumah harus bersabar sampai menunggu 75 menit pertandingan sebelum mengawali suksesnya di pertandingan terakhir ini.

Plzen bahkan harus tertinggal dahulu 0-1 oleh CSKA setelah Ahmed Musa memanfaatkan umpan Keisuke Honda untuk menciptakan gol pada menit 65.

Ketertinggalan ini membuat Plzen agak gugup dan dituntut untuk setidaknya menciptakan dua gol untuk tetap memelihara asa ke Liga Europa.

11 menit kemudian, Daniel Kolar menyelamatkan timnya untuk menyamakan keduduikan setelah menerima umpan Pavel Hovath yang dituntaskannya dengan sundulan yang tak bisa dihalau kiper CSKA Akinfeev.

Impian Plzen nyaris punah ketika sampai habis waktu normal kedudukan masih 1-1.  Namun pemain pengganti Thomas Wagner mencuri perhatian setelah mengontrol bola hasil umpan silang Frantisek Rajtoral. 

Wagner ini sukses membawa timnya ke Liga Europa dan sekaligus mengakhiri rekor tanpa menang timnya dalam lima pertandingan fase grup sebelumnya.  

 

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013