Jakarta (ANTARA News) - Bayer 04 Leverkusen dan Olympiakos FC meraih tiket ke babak 16 Besar Liga Champions, sedangkan Manchester United FC dan FC Bayern Munchen menjadi juara grup, namun Galatasaray dan Juventus mesti menunggu, demikian UEFA.com.

Hujan lebat dan salju di Istanbul memaksa pertandingan antara Galatasaray melawan Juventus di Grup B yang harus dimenangkan Galatasaray atau cukup seri untuk Juventus, dilanjutkan Kamis dini esok. Sampai keputusan penundaan pada menit 31 kedua tim bermain 0-0.

Di Grup B, Kopenhagen tersisih setelah dikalahkan Real Madrid CF yang menjadi juara grup dengan skor 2-0.

Cristiano Ronaldo menjadi pemain pertama dalam Liga Champions yang menciptakan sembilan gol dalam fase grup, sementara tim yang kalah pada pertandingan Galatasaray vs Juventus bisa tetap meraih tiket Liga League babak 32 Besar.

Di Grup A, FC Shakhtar Donetsk kalah 0-1 dari Manchester United yang memuncaki klasemen, dan kekalahan ini membuat Leverkusen yang mengalahkan Real Sociedad 1-0 lolos ke 16 Besar.

Kendati gagal pada dua tendangan penalti, Olympiacos sukses membekap Anderlecht 3-1 untuk finish di posisi kedua berkat unggul head-to-head dari Benfica yang mengalahkan Paris Saint-Germain 2-1 pada jam yang sama.

Meski kalah pada pertandingan terakhirnya, Bayern München unggul tiga poin dari Manchester City yang menundukkannya pagi tadi dengan skor 2-3.  

Viktoria Plzen menciptakan gol dramatis untuk mengatasi CSKA Moskva 2-1 yang sekaligus meraih satu tiket ke Liga Europa pada pertandingan terakhir di mana pelatih Pavel Vrba mengakhiri kepelatihannya di Plzen.

Empat grup lainnya baru akan bertanding Kamis dini hari ini untuk memperebutkan lima tempat lainnya di 16 Besar.

Grup A-D
Juara grup: Manchester United FC, Real Madrid CF, Paris Saint-Germain, FC Bayern München
Runner-up: Bayer 04 Leverkusen, Olympiakos, Manchester City FC, (Juventus atau Galatasaray akan ditentukan esok)
Lolos ke 16 Besar lainnya (dari Grup E-H): Chelsea FC,  Atletico Madrid, dan FC Barcelona
Berpeluang lolos ke 16 Besar (Grup E-H): FC Basel 04, FC Schalke 04, Arsenal, Borussia Dortmund, Napoli, FC Zenit, FC Porto, AC Milan, Ajax Amsterdam
Lolos ke Liga Europa: Shakhtar Donetsk, Benfica, Viktoria Plzen, dan Juventus atau Galatasaray 

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013