Jakarta (ANTARA) - Kantor Perwakilan Konsul Kehormatan Hungaria untuk Republik Indonesia resmi dibuka di Bandung, Jawa Barat, guna membuka hubungan budaya dan diplomatik mendalam antara dua negara.

Duta Besar Hungaria untuk Indonesia, Lilla Karsay dalam keterangannya diterima di Jakarta, Senin, mengatakan pembukaan kantor konsul yang berlokasi di Wisma HSBC, Jl. Asia Afrika 116, Bandung, diresmikan pada Kamis (2/5).

“Pembentukan kantor ini merupakan langkah penting dalam upaya kami untuk mendorong pertukaran budaya yang lebih dalam, kolaborasi ekonomi, dan hubungan diplomatik antara Hungaria dan Indonesia, khususnya di Bandung,” ujar Karsay.

Karsay mengatakan dibukanya kantor konsul tersebut menandai babak baru hubungan bilateral antara Hungaria dan Indonesia, khususnya di bidang bisnis, pendidikan, sosial, dan budaya.

Sementara itu, Konsul Kehormatan Hungaria untuk Republik Indonesia di Bandung Reza A Maulana, mengharapkan Kantor Perwakilan Konsul Kehormatan Hongaria untuk Republik Indonesia dapat memfasilitasi dan mengembangkan kemitraan yang saling menguntungkan antara dunia usaha dan organisasi dari kedua negara.

"Dengan menciptakan lingkungan di mana perusahaan Hungaria dan Indonesia dapat berkembang bersama, kami bertujuan untuk menciptakan peluang perdagangan dan investasi, serta meletakkan dasar bagi pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan dan bermanfaat bagi kedua negara,” kata Reza.

Pembukaan Kantor Konsul Kehormatan Hungaria untuk Republik Indonesia di Bandung juga ditanggapi positif oleh Pemerintah Kota Bandung.

Kepala Bagian Kerjasama Sekretariat Kota Bandung, Bariati Ratna Aju mengatakan selain kerja sama ekonomi, diharapkan kedua negara dapat berbagi dan merayakan kekayaan warisan dan tradisi Hongaria dan Indonesia, khususnya di kawasan Bandung.

"Diplomasi budaya ini akan memperkaya kehidupan masyarakat dan mempererat tali persahabatan kedua negara,” kata Bariati.

Ia mengatakan dengan dukungan yang kuat diharapkan hubungan Hungaria dan Indonesia semakin erat dan membawa manfaat bagi kedua negara.

Baca juga: Indonesia berkomitmen bangun kerja sama lebih kuat dengan Turki
Baca juga: Indonesia-Vietnam sepakat tingkatkan target perdagangan bilateral

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Aditya Eko Sigit Wicaksono
Copyright © ANTARA 2024