Jakarta (ANTARA News) - Grup band The Changcuters membuat diri mereka bisa ditonton melalui aplikasi Augmented Reality The Changcuters.

Augmented reality adalah media yang memungkinkan pengguna melihat, menonton, hingga memainkan obyek atau karakter menjadi terlihat seperti nyata dalam 3 Dimensi.

Pengguna smartphone berbasis Android harus mengunggah aplikasi gratis tersebut terlebih dulu. Sambil mengaktifkan aplikasi tersebut, arahkan kamera ke CD album terbaru The Changcuters yang berjudul "Visualis" keluaran Sony Music Indonesia. Di layar ponsel akan muncul animasi 3D The Changcuters yang membawakan single terbaru mereka, "Mengapa Sahabat Pacarku Lebih Cantik Dari Pacarku".

The Changcuters bekerja sama dengan Pixel Efect, Digital Global Maxinema, studio games Inmotion, penerbit komik Curhat Anak Bangsa dalam proyek ini.

"Nanti ada komik, online games, dan Insya Allah, film animasi," kata Tria, vokalis The Changcuters, saat peluncuran album "Visualis", sore ini.

Chandra Endroputro dari Pixel Efect, mengatakan proses membuat animasi The Changcuters memakan waktu dua bulan. Pembuatan karakter animasi Tria, Qibil (gitar), Alda (gitar), Dipa (bass), dan Erick (drum) pun dinilainya cukup sulit. Pembuat harus memahami karakter masing-masig personil sebelum menerjemahkannya ke dalam animasi.

Aplikasi Augmented Reality The Changcuters untuk saat ini baru dapat dinikmati di Android.(*)

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013