Gelsenkirchen (ANTARA News) - Schalke memastikan maju ke babak knockout Liga Champions  setelah menang di kandang dengan skor 2-0 dari FC Basel yang harus bermain 10 orang, untuk finish kedua di bawah Chelsea di Grup E.

Dua gol pada babak kedua dari Julian Draxler dan bek Kamerun Joel Matip membawa Schalke ke 16 Besar sekaligus mengendurkan tekanan kepada pelatih Jens Keller.

Pelatih berusia 43 tahun itu sudah diwanti-wanti akan dikaji masa depannya akibat penampilan tidak meyakinkan timnya yang tak konsisten di musim ini.

Setelah tersisih dari Piala Jerman pekan lalu dan tertinggal 17 poin dari Bayern Munchen di Bundesliga, Keller terancam dipecat jika tak bisa mengantarkan timnya lolos ke babak berikutnya Liga Champions.

The Royal Blues mesti menang untuk bisa lolos dan mereka diuntungkan karena menghadapi tim yang hanya berkuatan 10 peman sekitar satu jam setelah bek tengah FC Basel  Ivan Ivanov diusir ke luar lapangan pada menit 41 karena melanggar Adam Szalai.

Szalai kemudian digantikan Benedikt Hoewedes karena menderita cedera hamstring dan Hoewedes beruntung tidak dikartumerahkan wasit pada menit 29 setelah melanggar keras kapten Basel Marco Streller.

Schalke harus menunggu sampai 50 menit masa pertandingan untuk menciptakan gol pertamanya ketika Jefferson Farfan mengirim umpan silang kepada Draxler yang berdiri tak terkawal dan melepaskan tendangan untuk membawa The Royal Blues unggul.

Schalke mengamankan langkahnya ke babak knockout tujuh menit kemudian lewat gol kontroversial mereka.

Dari tayangan ulang terlihat lima pemain Schalke sudah offside namun hakim garis tidak mengangkat bendera.  Matip yang tinggal berhadapan satu lawan satu dengan kiper Basel Yann Sommer pun sukses mencetak gol.

Pelatih Basel Murat Yakin memprotes keputusan ini, tapi juara liga Swiss ini akhirnya harus menerima finish di urutan tiga untuk mendapatkan satu jatah ke Liga Europa.

Schalke pun menyusul dua wakil Jerman lainnya yang sudah terlebih dahulu lolos ke 16, Bayern Munchen dan Bayer Leverkusen, bersama pula dengan runner-up musim lalu, Borussia Dortmund, yang juga dipastikan lolos pagi ini, demikian AFP.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013