Samarinda (ANTARA) -
Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur menargetkan sukses penyelenggaraan sebagai tuan rumah  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Nasional XXX yang akan dilangsungkan di daerah itu pada 6 - 16 September 2024.

Untuk mencapai target tersebut, Sekdaprov Kaltim Sri Wahyuni mengingatkan kepada semua panitia MTQ agar fokus menyiapkan segala sesuatunya sedetail mungkin.
 
"Sebagai tuan rumah tentu kita juga ingin sukses prestasi. Meski demikian, hal yang tidak boleh dilupakan semua pihak, terutama oleh Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kaltim selaku penyelenggara MTQ, adalah sukses penyelenggaraan," kata Sri Wahyuni di Samarinda, Senin.
 
Terkait sukses prestasi, Sri yang juga Ketua LPTQ Kaltim ini memberikan motivasi kepada calon peserta MTQ untuk terus belajar serta meningkatkan dan mengasah kemampuan yang dimiliki agar semakin mumpuni.
 
"Tidak ada prestasi yang diraih secara instan. Semua perlu proses, semua perlu perjuangan, perlu pengorbanan, termasuk pelatihan yang dilakukan secara terus menerus dan tak kenal lelah," katanya.
 
"Hasil yang baik tidak bisa diperoleh dengan cara biasa-biasa saja. Jadi, harus dilakukan dengan cara yang luar biasa. Hasil tidak akan mengkhianati usaha," katanya menambahkan.
 
Sementara Jauhar Efendi selaku Ketua III LPTQ Kaltim menambahkan, MTQ Nasional di Kaltim tinggal empat bulan lagi, sementara keinginan Pemprov Kaltim di samping target menyukseskan penyelenggaraan juga berharap sukses prestasi.
 
Tahun 1976 adalah tahun keemasan bagi Kaltim terkait prestasi MTQ Nasional, karena 48 tahun lalu itu meraih juara umum ketika menjadi tuan rumah. Bahkan qori Kaltim yang mewakili Indonesia di ajang MTQ internasional juga meraih juara 1.
 
"Akankah prestasi yang membanggakan ini bisa terulang kembali, semuanya berpulang kepada seluruh pemangku kepentingan, termasuk keseriusan para peserta yang saat ini tengah mengikuti training center tahap ketiga," kata Jauhar.
 
Ia menyebutkan, sejak Ahad (5/5) sebanyak 60 qori dan qoriah setempat mengikuti pemusatan latihan tahap ketiga di UPT Asrama Haji Balikpapan.
 
"Pemusatan latihan tahap ketiga ini juga melibatkan 16 orang pelatih," ujarnya.

Baca juga: Sekda Kaltim paparkan kesiapan MTQ 2024 ke Ditjen Bimas Islam Kemenag

Baca juga: Kemenko PMK matangkan persiapan MTQ Nasional di IKN
 

Pewarta: M.Ghofar
Editor: Riza Mulyadi
Copyright © ANTARA 2024