Proses Pilkada DKI Jakarta ini kita hormati, kemudian kita juga tetap menjaga iklim kondusif
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta berusaha terus memperkuat kerukunan antar umat beragama sebagai salah satu upaya menjaga iklim tetap kondusif di sejumlah wilayah menjelang pemilihan Kepala Daerah DKI Jakarta 2024.

Wali Kota Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan Pilkada merupakan proses alamiah untuk menghadirkan pemimpin yang akan mengelola sebuah daerah termasuk Jakarta dan menghindari polarisasi agar tidak menjadi konflik.

"Proses Pilkada DKI Jakarta ini kita hormati, kemudian kita juga tetap menjaga iklim kondusif," kata dia usai menghadiri kegiatan bertema "Peningkatan Kerukunan Umat Beragama di Jakarta Pusat" di Jakarta, Selasa.

Menurut Dhany, perbedaan aspirasi merupakan hal biasa namun ini hanya sebatas di bilik suara. Setelahnya, yakni saat pemimpin terpilih, imbuh dia, warga diharapkan dapat kembali guyub.

"Kita harus guyub dan kembali bersatu padu membangun khususnya Jakarta Pusat dan umumnya DKI Jakarta dan Indonesia," ujar dia.

Lebih lanjut, imbuh Dhany, keberadaan lembaga keagamaan harus benar-benar menyatukan masyarakat dan oleh karena itulah kegiatan yang menghadirkan para pemuka agama, juga organisasi kemasyarakatan (ormas) diadakan secara rutin oleh Pemerintah Jakarta Pusat.

"Kami ingin memperkuat lagi rasa persatuan dan kesatuan kita di Jakarta Pusat, supaya lebih kondusif lagi, menyatukan persepsi terkait dengan menciptakan kondisi Jakarta Pusat yang lebih kondusif, lebih aman, nyaman," ujar Dhany.

Adapun kegiatan bertema "Peningkatan Kerukunan Umat Beragama di Jakarta Pusat" Selasa ini menghadirkan kurang lebih 100 orang yang terdiri dari perwakilan Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jakarta Pusat, Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jakarta Pusat, Muslimat Matha'ul Anwar Jakarta Pusat, Fatayat Nahdiatul Ulama Jakarta Pusat, PC Aisyiyah Jakarta Pusat dan Forum Komunikasi Anak Betawi (Forkabi).

"Untuk lebih memahami terkait dengan aktivitas keagamaan yang dijalankan oleh masing-masing agama. Dari situ, diharapkan timbul kesepahaman, saling menghormati, menghargai. Dari situ juga akan memperkuat persatuan dan kesatuan kita," kata Dhany.
 Baca juga: Mulai Rabu, PDIP DKI buka penjaringan bacagub dan bacawagub Jakarta 
Baca juga: Cak Imin sebut kader Golkar daftar di PKB untuk Pilkada
Baca juga: Presiden PKS pilih jadi komandan Pilkada Serentak 2024

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2024