Jakarta (ANTARA) - Ikatan Alumni Universitas Islam Negeri (IKALUIN) Syarif Hidayatullah Jakarta mengajak semua pihak untuk mengapresiasi alumni yang berprestasi dengan berpartisipasi dalam IKALUIN Award 2024.    

“Kami, panitia pelaksana IKALUIN Award 2024, mengajak semua pihak untuk berpartisipasi merekomendasikan atau mengusulkan para alumni UIN Jakarta yang dipandang pantas dan layak sebagai penerima IKALUIN Award 2024,” kata Ketua Panitia Pelaksana IKALUIN Award 2024, Anick HT, dilansir dari keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Selasa.

Ia mengatakan, IKALUIN Award yang mengangkat tema “Kiprah Alumni untuk Bangsa” ini sebagai apresiasi dan penghargaan kepada alumni perguruan tinggi tersebut atas gagasan, capaian, dan dedikasi dalam gerakan akademik, sosial, dan kemanusiaan dalam berbagai bidang.

Ia menyebut, pengajuan kandidat dimulai pada Selasa, 7 Mei 2024 sampai dengan 14 Mei 2024. Informasi mengenai prosedur penjaringan usulan penerima penghargaan ini bisa didapatkan melalui tautan https://bit.ly/IkaluinAward2024.   

Nantinya, lanjut dia, nama-nama kandidat penerima IKALUIN Award akan diseleksi oleh tim panel yang independen, kredibel, dan objektif.

Ia menuturkan, terdapat sembilan kategori pemenangan IKALUIN Award, yaitu Kesetaraan Gender dan Perlindungan Anak, Hukum dan HAM, Politik dan Tata Kelola Pemerintahan, Pendidikan dan Pemikiran Keagamaan, Pemberdayaan Masyarakat, Lingkungan Hidup dan Perubahan Iklim, Seni dan Budaya, Young Hero (Anak Muda Berpengaruh), dan kategori lain yang dianggap relevan. 

Terdapat beberapa kriteria bagi nama yang diajukan untuk bisa mendapatkan penghargaan ini.

“Kriteria pertama adalah alumni IAIN-UIN-ADIA dari jenjang S1, S2, atau S3. Bisa perorangan atau kelembagaan,” kata dia.

Kriteria kedua, lanjut dia, adalah alumni telah berkegiatan di bidang yang ditekuni minimal 15 tahun (kecuali untuk kategori Young Hero). Kriteria selanjutnya adalah kegiatan yang dilakukan bisa di tingkat akar rumput, daerah, provinsi, nasional, maupun internasional.

Berikutnya, alumni terbukti membangun gagasan dan kegiatan yang berdampak besar, unik, bernilai kebaruan, dan inovatif bagi masyarakat serta terbukti mendorong integritas, akuntabilitas, toleransi dan keberagaman.

Lau, alumni dapat dicalonkan oleh siapa pun, baik perorangan maupun kelembagaan. Alumni IAIN-UIN-ADIA juga dapat mencalonkan dirinya sendiri. Terakhir, pengusul hanya dapat mengusulkan satu kandidat pada setiap kategori.

Ia mengatakan, penganugerahan IKALUIN Award 2024 akan digelar pada Minggu, 26 Mei 2024 di Ruang Auditorium Prof. Dr. Harun Nasution UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

“Dalam acara ini juga sekaligus akan dilakukan peresmian Gedung Alumni Center UIN Jakarta oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas,” pungkasnya.

Baca juga: Jurnal Ahkam UIN Jakarta dinobatkan jadi 100 jurnal terbaik sedunia
Baca juga: UIN Jakarta buka peluang kerja sama dengan King Abdul Aziz University
Baca juga: Resmi dibuka, UIN Jakarta buka 6 skema SPMB mandiri non-reguler


 

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024