Jakarta (ANTARA) - Paula Badosa mengakhiri debut Mirra Andreeva dalam Italian Open ketika mantan petenis nomor 2 dunia itu hanya kalah dalam lima gim melawan petenis berusia 17 tahun itu pada babak pertama turnamen ini yang dia menangkan 6-2, 6-3.

Pertandingan tersebut merupakan laga babak pertama yang paling ditunggu-tunggu ketika undian putri dirilis Senin kemarin.

Tahun lalu, Badosa mencapai perempat final. Namun, itu adalah turnamen kedua dari belakang yang dia ikuti musim lalu, sebelum dihimpit cedera punggung sepanjang 2023, dan masih terus menghantuinya hingga kini.

Namun melawan Andreeva, Badosa mendekati performa terbaiknya selama satu jam 34 menit untuk mencetak kemenangan pertamanya sejak 19 Maret ketika pada babak pertama Miami Open mengalahkan Simona Halep yang masuk lagi lapangan tenis.

Menurut laman WTA pada Selasa, penundaan selama 45 menit akibat hujan pada set pembuka -- saat Badosa sudah unggul 5-1 -- bahkan tidak mampu meredam momentum petenis Spanyol itu.

Andreeva tak bisa menahan servis hingga gim ke-12 laga tersebut, meskipun ia memiliki setidaknya satu gim poin dalam tiga dari lima gim servisnya untuk memulai pertandingan.

Baca juga: Badosa berjuang untuk karier tenis meski ada kekhawatiran dari dokter

Kedua petenis membuat winner yang lebih banyak ketimbang unforced error. Namun, Badosa dengan 23 winner dan 13 unforced error terbukti lebih baik daripada 21 winner berbanding 15 unforced error yang dicatat Andreeva.

Selain itu, petenis berusia 26 tahun itu lima kali mematahkan servisnya dengan 11 break point, dan menyelamatkan lima dari tujuh break point terhadap servisnya sendiri.

Andreeva mencapai perempat final di Rouen dan Madrid pada turnamen lapangan tanah liatnya musim ini. Dalam lima turnamen lapangan tanah liat WTA Tour sebelumnya dalam kariernya yang masih muda, Andreeva telah memenangi setidaknya satu pertandingan undian utama.

Badosa adalah petenis kedua yang lolos babak pembuka pada hari pertama pertandingan undian utama setelah petenis Amerika Shelby Rogers menang 6-1, 6-0 atas petenis wild card tuan rumah Lisa Pigato hanya dalam tempo 61 menit.

Badosa akan menghadapi unggulan ke-21 Emma Navarro dalam babak kedua, sedangkan Rogers menjadi lawan pertama finalis Australian Open dan unggulan ketujuh, Zheng Qinwen.

Baca juga: Raducanu rayakan momen penting setelah kalahkan Kerber di Stuttgart
​​​​​​

Pewarta: Arindra Meodia
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2024