Jakarta (ANTARA) - Sejumlah peristiwa politik telah diwartakan oleh pewarta Kantor Berita ANTARA pada hari Selasa (7/5), berikut beberapa berita pilihan yang masih menarik dibaca pagi ini.
 
1. PDI Perjuangan masih cermati peluang Anies dan Ahok di Pilkada 2024
 
Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan partainya masih mencermati nama-nama tokoh yang diusulkan untuk diusung sebagai calon gubernur dan calon wakil gubernur DKI Jakarta pada Pilkada serentak 2024.
 
Hasto mengatakan hal itu menanggapi pertanyaan terkait peluang PDI Perjuangan memasangkan dua mantan gubernur DKI Jakarta yakni Anies Baswedan dan Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok sebagai calon gubernur - wakil gubernur DKI Jakarta.
 
Selengkapnya baca di sini.

2. C-130 J Super Hercules kelima dijadwalkan tiba di RI 17 Mei
 
Unit kelima pesawat angkut C-130 J Super Hercules buatan Lockheed Martin pesanan Indonesia dijadwalkan tiba di Tanah Air pada 17 Mei 2024.
 
Kepala Biro Hubungan Masyarakat Sekretariat Jenderal Kemhan RI Brigjen TNI Edwin Adrian Sumantha saat dihubungi di Jakarta, Selasa, menyampaikan pesawat itu rencana dikirimkan pada 10 Mei 2024 dan tiba di Pangkalan Udara (Lanud) Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada 17 Mei 2024.
 
Selengkapnya baca di sini.

3. Ketua DPR sebut negara MIKTA penting jadi jembatan antarkekuatan besar
 
Ketua DPR RI Puan Maharani mengatakan negara anggota MIKTA (Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, dan Australia) berperan penting untuk menjembatani perbedaan dan menurunkan ketegangan akibat polarisasi antarkekuatan besar, sebab MIKTA merupakan simbol kekuatan menengah.
 
“Negara anggota MIKTA perlu mendapat kepercayaan dari berbagai kekuatan besar untuk berperan sebagai honest broker (penengah yang jujur),” kata Puan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Selasa (7/5).
 
Selengkapnya baca di sini.

4. Menpan RB pesan kepada Pj Gubernur Sumut: Jalankan birokrasi berdampak
 
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas memberi pesan kepada Pj. Gubernur Sumatra Utara (Sumut) Hassanudin untuk menjalankan reformasi berdampak.
 
Saya tadi pesan kepada beliau bahwa sesuai arahan Presiden untuk mendorong kinerja para kepala daerah dan mendorong birokrasi berdampak,” kata Anas dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (7/5).
 
Selengkapnya baca di sini.
 
5. Jokowi tersenyum lebar merespons soal inisiasi pertemuan Prabowo-Mega
 
Presiden Joko Widodo tersenyum lebar saat merespons pertanyaan wartawan tentang kabar dirinya melakukan inisiasi atau mendorong pertemuan antara presiden terpilih Prabowo Subianto dengan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.
 
Pertanyaan itu dilontarkan wartawan saat Jokowi memberikan keterangan pers usai menghadiri peresmian Indonesia Digital Testing House (IDTH) di Balai Besar Pengujian Perangkat Telekomunikasi (BBPPT) Tapos, Depok, Jawa Barat, Selasa (7/5).
 
Selengkapnya baca di sini.

Pewarta: Nadia Putri Rahmani
Editor: D.Dj. Kliwantoro
Copyright © ANTARA 2024