Kalender pesanan tersebut umumnya memajang foto caleg yang bersangkutan dengan logo parpol yang mengusungnya. Pemesannya ada dari caleg DPRD, ada juga dari caleg DPR RI, bahkan calon bupati dari berbagai daerah di Indonesia,"
Yogyakarta (ANTARA News) - Sejumlah perusahaan percetakan di Kota Yogyakarta mulai menerima pesanan pembuatan kalender 2014 dari partai politik dan calon anggota legislatif peserta Pemilu 2014.

Pemilik perusahaan percetakan IeR Pro di Yogyakarta, Robin, Jumat, mengatakan saat ini perusahaan miliknya terus dibanjiri pesanan pembuatan kalender 2014 oleh calon anggota legislatif (caleg) maupun dari berbagai partai politik (parpol peserta Pemilu 2014.

"Kalender pesanan tersebut umumnya memajang foto caleg yang bersangkutan dengan logo parpol yang mengusungnya. Pemesannya ada dari caleg DPRD, ada juga dari caleg DPR RI, bahkan calon bupati dari berbagai daerah di Indonesia," katanya.

Ia mengatakan para pemesan kalender di perusahaannya tidak hanya datang dari wilayah Yogyakarta, melainkan beberapa daerah lain di Indonesia, di antaranya Bangka Belitung, Sulawesi Tengah, hingga Nusa Tenggara Barat.

"Cara mempromosikan usaha kami dari mulut ke mulut. Sedangkan barang pesanan yang sudah jadi, mereka yang mengambil sendiri ke Yogyakarta. Kami tidak mengirim barang ke alamat pemesan," kata Robin.

Dia mengatakan, sebenarnya sebelum Lebaran lalu pesanan kalender 2014 sudah mulai masuk di percetakannya, dan mulai meningkat pada September hingga Oktober lalu.

"Namun demikan, memasuki Desember ini jumlah pesanan agak menurun, kami kurang tahu penyebabnya," kata Robin.

Ia mengatakan seorang caleg rata-rata memesan kalender jenis satu lembar yang memuat dua belas bulan sekaligus dengan foto diri pemesan, jumlahnya mulai dari 1.000 sampai dengan 10.000 eksemplar.

Sementara itu, perusahaan konveksi dan sablon di Yogyakarta juga mulai menerima pesanan pembuatan kaos, kemeja dan jaket bergambar caleg peserta Pemilu 2014.

Karyawan Exist Konveksi dan Sablon, Rendi mengatakan perusahaan tempatnya bekerja telah menerima pesanan dari sejumlah caleg peserta Pemilu 2014.

"Belum lama ini memang ada celeg dari salah satu parpol peserta pemilu di Kulon progo memesan 100 buah kemeja, selain itu beberapa parpol juga memesan atribut kampanye," kata Rendi.

(H008/M008)

Pewarta: Heru Jarot
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013