Batusangkar (ANTARA) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar), Mahyeldi menilai program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) merupakan bagian dari upaya mewariskan semangat bela negara dan wawasan kebangsaan kepada generasi muda.

"TMMD selalu jadi momentum yang berharga dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Namun pada kesempatan yang sama program ini sejatinya juga mewariskan semangat bela negara kepada generasi muda," katanya di Batusangkar, Rabu.

Ia mengatakan itu saat menjadi Inspektur Upacara (Irup) Pembukaan TMMD ke-120 tahun 2024 di Wilayah Kodim 0307 Tanah Datar.

Mahyeldi mengatakan selama ini TMMD sebagai program lintas sektoral yang dikomandoi oleh TNI, telah mendatangkan manfaat nyata bagi masyarakat.

Program tersebut selain melaksanakan pembangunan dan perbaikan terhadap fasilitas umum juga memberikan berbagai penyuluhan yang sangat berguna bagi masyarakat.

"Melalui upaya pembangunan yang dilakukan lewat TMMD, generasi muda kita dapat melihat betapa pentingnya persatuan dan komitmen bersama dalam membangun bangsa," ujarnya.

Baca juga: Kodam IM laksanakan TMMD ke-120 di tiga kabupaten di Aceh

Ia berharap pada pelaksanaan TMMD tahun ini, hasil yang diperoleh juga maksimal sesuai harapan masyarakat.

Dalam kesempatan itu, Gubernur juga menyerahkan sejumlah bantuan yang bersumber dari berbagai pihak untuk mendukung kelancaran program TMMD di Kabupaten Tanah Datar.

Bantuan itu di antaranya satu unit bedah rumah dan 250 zak semen dari PT Semen Padang, bantuan lima unit RTLH senilai Rp125 juta dari Baznas Sumbar, dan bantuan satu unit bedah rumah serta 30 zak semen dan Alquran dari Kanwil Kemenag Sumbar.

Sementara itu, Bupati Tanah Datar, Eka Putra mengatakan dalam program TMMD di kabupaten tersebut di antaranya dilakukan pembangunan jalan sepanjang 4,5 kilometer.

Selain dianggarkan melalui APBD Kabupaten Tanah Datar, juga telah diterima bantuan dari Mabes TNI senilai Rp500 juta, serta dari berbagai pihak dan OPD terkait.

"Kita mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah mendukung pelaksanaan TMMD di Tanah Datar. Tentunya kita berharap, agar dampak dari program ini segera bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat," katanya. *

Baca juga: Pangdam XIV/Hasanuddin gelar halal bihalal dengan prajurit dan PNS

Pewarta: Miko Elfisha
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2024