Makassar (ANTARA) - Tim SAR Gabungan kembali mengevakuasi 10 warga Desa Tibussan, yang terisolasi karena terdampak bencana banjir dan tanah longsor di Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan.

"Saat ini ada 10 warga Desa Tibussan, Kecamatan Latimojong tersebut telah dipindahkan ke tempat yang lebih aman, karena dikhawatirkan desa yang mereka tempati dekat dengan Sungai Latimojong, yang sewaktu-waktu bisa meluap kembali," kata Kepala Kantor Basarnas Makassar Mexianus Bekabel melalui keterangan yang diterima di Makassar, Rabu.

Baca juga: SAR Gabungan evakuasi delapan warga terisolasi pascabencana di Luwu  

Sebanyak 10 warga dari Desa Tibussan, kata Mexi, telah dievakuasi menuju Posko utama di Lapangan Andi Djemma, Kota Belopa, Kabupaten Luwu.

"Tim SAR Gabungan bahu membahu untuk mengevakuasi warga dari Desa Tibussan, yang sebelumnya terisolasi akibat banjir dan sekarang telah berada di Posko Utama," katanya.

Ia menyebutkan 10 warga yang berhasil dievakuasi semuanya berjenis kelamin laki-laki. Mereka dipindahkan, karena di khawatirkan mulai kekurangan kesediaan bahan pangan serta menghindari bahaya meluapnya sungai Latimojong.

Berikut 10 nama yang telah dievakuasi di daerah Tibussan, yaitu Haikal (18), Adit (17), Ridwan (20), Aan (18), Waibi (23), Zulham (16), Musaddiq (17), Ilham (16), Putra (15), dan Iksandi (23).

Sebelumnya, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sulawesi Selatan bersama Tim SAR Gabungan memfokuskan penanganan dan evakuasi di Kecamatan Latimojong, Kabupaten Luwu, mengingat masih ada 12 desa terisolasi karena terdampak bencana banjir dan tanah longsor pada Jumat, 3 Mei 2024.

Baca juga: Sekitar 3.000 warga Latimojong, Luwu terisolasi akibat jembatan putus

Baca juga: 12 desa di Latimojong Luwu terisolasi dampak banjir dan longsor


Berdasarkan data kependudukan, Kecamatan Latimojong berada di wilayah pegunungan dengan memiliki 12 desa, yakni Desa Rante Balla, Kadundung, Ulusalu, Lambanan, Tabang, Boneposi,Pangi, Pajang, Buntu Sarek, To'barru, Tibussan dan Tolajuk. Jumlah penduduknya sebanyak 6.609 jiwa dengan jumlah kepala keluarga (KK) 2.028 KK.

Berdasarkan data per 7 Mei 2024, pukul 20.00 Wita, jumlah warga yang terisolasi di Kecamatan Latimojong dan berhasil dievakuasi melalui jalur udara dan darat ke Posko Induk Tanggap Darurat Bencana di Kota Belopa, Luwu, sebanyak 208 orang. Jumlah warga dievakuasi pada Rabu, 8 Mei 2024, sebanyak 10 orang.

Pewarta: M Darwin Fatir
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024