Jakarta (ANTARA) - Kementerian Agama (Kemenag) RI resmi membuka pendaftaran seleksi terbuka calon pejabat pimpinan tinggi pratama atau setingkat eselon II.   

"Kami mengundang PNS yang memenuhi persyaratan untuk mengikuti proses seleksi terbuka dan kompetitif pengisian Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Kementerian Agama," kata Sekretaris Jenderal Kemenag RI M Ali Ramdhani dalam keterangan di Jakarta, Rabu.

Ali menyebut terdapat lima formasi yang tersedia, yaitu Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama di bawah Sekretariat Jenderal, Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren di bawah Direktorat Jenderal Pendidikan Islam, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Bangka Belitung, dan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Timur, pendaftaran dibuka secara daring pada 8-22 Mei 2024.  

Kepala Biro Kepegawaian Wawan Djunaedi menambahkan pendaftaran dilakukan melalui sistem daring di laman https://ropeg.kemenag.go.id/apps/seleksijpt/.

Pelamar harus mengunggah dokumen persyaratan dan menyelesaikan proses pendaftaran.

"Proses pendaftaran dikatakan selesai jika pelamar yang telah mendapatkan kartu tanda bukti pendaftaran online," ujarnya.

Wawan menyebut terdapat dua mekanisme seleksi, yaitu seleksi administrasi dan kompetensi. Seleksi administrasi menggunakan sistem gugur yang hasilnya diumumkan pada 27 Mei 2024.

"Pelamar yang dinyatakan berhak mengikuti seleksi kompetensi adalah pelamar yang dinyatakan lulus seleksi administrasi," lanjutnya.

Seleksi kompetensi, kata Wawan, meliputi penulisan makalah, asesmen kompetensi, wawancara akhir, dan rekam jejak. Penulisan makalah dilaksanakan pada 4 Juni 2024, asesmen kompetensi dilaksanakan pada 5-7 Juni 2024, sedangkan wawancara akhir digelar 22-23 Juni 2024.

Pelamar yang telah mengikuti seluruh tahapan seleksi kompetensi, sambungnya, diminta untuk menyampaikan surat keterangan sehat jasmani dari dokter umum, surat keterangan sehat rohani dari dokter jiwa/psikiater, serta surat keterangan bebas narkoba dengan hasil laboratorium, yang hasilnya disampaikan pada 25 Juni 2024.

"Hasil akhir seleksi diumumkan pada 9 Juli 2024. Ini merupakan pengumuman daftar tiga nama pelamar berdasarkan peringkat nilai terbaik per jabatan yang disusun berdasarkan urutan abjad," ucapnya.

Baca juga: 329 PPIH Indonesia berangkat ke Arab Saudi
Baca juga: Menag imbau calon jamaah haji siapkan kebugaran fisik
Baca juga: Kemenag ajak pelaku usaha Kepulauan Seribu miliki sertifikasi halal

Pewarta: Sean Filo Muhamad
Editor: Nurul Hayat
Copyright © ANTARA 2024