Para pemain mungkin membayangkan liburan mereka dan Maroko dalam kepala-kepala mereka,"
Berlin (ANTARA News ) - Bayern Munich bangkit dari kekalahan mereka pada tengah pekan di tangan Manchester City dengan kemenangan 3-1 atas Hamburg di Liga Jerman pada Sabtu, sedangkan Borussia Dortmund hanya mampu bermain imbang di markas Hoffenheim.

Bayern menelan kekalahan perdana mereka sejak Juli pada Selasa ketika mereka takluk 2-3 di kandang sendiri dari City, namun mereka masih melaju ke babak 16 besar Liga Champions sebagai juara grup.

Bayern bangkit saat mereka kembali bertanding di liga domestik di Allianz Arena, dengan gol-gol dari Mario Mandzukic dan Mario Goetze, sebelum pemain sayap Swiss Xherdan Shaqiri menambahi gol ketiga pada masa tambahan waktu.

Rekor 10 kemenangan beruntun Bayern di Liga Champions dihentikan City, namun kemenangan atas Hamburg yang dilatih Bert van Marwijk memperpanjang laju tidak terkalahkan mereka di Liga Jerman menjadi 41 pertandingan.

Kini sang juara Eropa telah memainkan pertandingan terakhirnya di Liga Jerman pada 2013 dan bertolak ke Maroko untuk tampil di semifinal Piala Dunia Klub pada Selasa melawan Guangzhou Evergrande asal China.

"Para pemain mungkin membayangkan liburan mereka dan Maroko dalam kepala-kepala mereka," kata pelatih Pep Guardiola setelah Bayern menyelesaikan kalender 2013 dengan catatan 93 angka dan tidak terkalahkan di Liga Jerman.

"Kami memiliki sedikit masalah pada babak kedua, seperti yang kami lakukan saat melawan Manchester, kami terlalu mudah kehilangan banyak bola. Kami memiliki pemain-pemain bagus, namun kami harus menghentikan hal-hal seperti itu terjadi."

Meski memulai pertandingan tanpa kehadiran pemain sayap Franck Ribery dan bek kiri David Alaba yang dibangku cadangkan, dan dengan kapten Philipp Lahm dan gelandang bintang bastian Schweinteiger absen karena cedera, Bayern tetap tampil dengan 10 pemain internasional.

Pengganti Alaba, yakni Diego Contento, merupakan satu-satunya pemain tanpa catatan penampilan internasional di kubu Bayern.

Mandzukic membawa tim Bavaria unggul melalui gol kesepuluhnya musim ini pada menit ke-42, ketika ia menanduk umpan silang Rafinha setelah kiriman bola panjang dari Toni Kroos.

Goetze menambahi gol kedua ketika sepakannya bersarang di sudut kiri atas gawang pada menit ke-52, sebelum ia digantikan Ribery.

Penyerang Hamburg Pierre-Michael Lasogga merayakan ulang tahun ke-22nya pada Minggu dengan lebih awal, ketika Hamburg mendapatkan gol hiburan pada menit ke-87 ketika ia melepaskan tembakan yang tidak dapat dihentikan kiper Munich Manuel Neuer.

Shaqiri masuk sebagai pemain pengganti untuk kemudian mencetak gol ketiga beberapa saat sebelum peluit panjang berbunyi.

Setelah membutuhkan gol larut dramatis untuk mengalahkan Marseille pada Rabu untuk mengonfirmasi tiket fase gugur Liga Championsnya, Dortmund harus bangkit dari tertinggal dua gol untuk bermain imbang 2-2 dengan tuan rumah Hoffenheim untuk menggenggam peringkat ketiga.

Penyerang Sven Schipplock dan sayap kanan Kevin Volland membawa Hoffenheim unggul 2-0 sebelum Pierre-Emerick Aubameyang memberi harapan pada Dortmund, ketika ia menyarangkan gol kesembilannya musim ini sebelum turun minum.

Bek kanan asal Polandia Lukasz Piszczek mencetak gol perdananya musim ini untuk menyamakan kedudukan, ketika ia menyambar bola pantul setelah Nuri Sahin melepaskan umpan silang melengkung.

Satu angka cukup bagi Dortmund untuk menggenggam peringkat ketiga ketika mereka memiliki 32 angka, jumlah yang sama dengan tim peringkat keempat Borussia Moenchengladbach, yang bermain imbang tanpa gol di markas Mainz 05.

Wolfsburg menikmati kemenangan 3-1 saat menjamu VfB Stuttgart melalui tendangan bebas bek Swiss Ricardo Rodriguez dan pemain Brazil Diego, sebelum pemain Kroasia Ivan Perisic menambahi gol ketiga.

Kemenangan ini menjaga Wolfsburg tetap menghuni peringkat kelima dan memangkas jarak dengan tim peringkat keempat Borussia Moenchengladbach menjadi tiga angka, sedangkan Stuttgart tetap di peringkat kesepuluh.

Nuremberg menjaga status sebagai satu-satunya tim di liga utama Eropa tanpa raihan kemenangan sama sekali, ketika mereka bermain imbang 3-3 di markas Hanover 96 di saat tuan rumah berjuang untuk bangkit dengan torehan tiga gol pada 30 menit terakhir.

Penyerang Senegal Mame Diouf mencetak gol penyama kedudukan dramatis bagi Hanover menjelang pertandingan usai, di mana ia terlihat sedikit terperangkap offside, untuk membuat Nuremberg tetap menghuni peringkat kedua dari bawah klasemen.

Eintracht Braunschweig tetap menghuni posisi juru kunci liga ketika mereka takluk 1-4 dari tuan rumah Augsburg pada Jumat, Werder Bremen takluk 2-3 di markas Hertha Berlin, kekalahan keempat mereka dari lima pertandingan, demikian AFP.

(H-RF/Z002) 15-12-2013 05:43:36

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013