Kami bersyukur bisa menang, meskipun sepanjang babak pertama kami menguasai permainan tetapi anak-anak kesulitan mencetak gol,"
Bangkala (ANTARA News) - Persib Bandung meraih poin sempurna setelah memenangi laga pembuka turnamen Piala Gubernur Jatim 2013 dengan skor 2-1 atas Persepam Madura United di Stadion Gelora Bangkalan, Minggu petang.

Dua gol kemenangan Persib masing-masing dicetak Djibril Coulibaly pada menit ke-65 dan Supardi menit ke-89. Sedangkan gol balasan Persepam dihasilkan Alain Nkong di menit ke-87.

Dengan hasil ini, Firman Utina dan kawan-kawan sementara memimpin klasemen sementara Grup A dan berpeluang lolos ke babak semifinal turnamen berhadiah Rp250 juta itu. Grup ini juga dihuni Persebaya Surabaya.

Pada laga selanjutnya, Persepam-MU lebih dulu bertemu "Bajul Ijo" Persebaya Surabaya, Selasa (17/12), dan dua hari kemudian giliran partai klasik mempertemukan Persib dengan Persebaya.

"Kami bersyukur bisa menang, meskipun sepanjang babak pertama kami menguasai permainan tetapi anak-anak kesulitan mencetak gol," kata pelatih Persib, Jajang Nurjaman, usai pertandingan.

Menurut dia, permainan timnya memang belum maksimal, karena turnamen Piala Gubernur Jatim dijadikan ajang memantapkan formasi tim untuk menghadapi kompetisi Indonesia Super League 2014.

Dalam laga ini, Jajang Nurjaman mencadangkan beberapa pemain pilarnya, seperti Atep, Hariono, Tony Sucipto, dan Djibril Coulibaly. Masuknya mereka pada babak kedua membuat permainan Persib lebih berkembang.

Dua gol Persib sebenarnya akibat kecerobohan penjaga gawang Persepam-MU Saifudin dalam mengantisipasi datangnya bola saat mendapatkan tekanan dari lawan.

Seperti pada gol pertama, Saifudin ragu-ragu menyambut umpan lambung dari Firman Utina sehingga bola disundul Djibril ke tiang jauh yang tidak bisa dijangkau.

Pemain pengganti Alain Nkong memberikan harapan bagi tuan rumah Persepam setelah tendangan kerasnya dari luar kotak penalti tidak mampu dihadang kiper I Made Wirawan dan menyamakan skor.

Hanya berselang dua menit, Saifudin kembali membuat blunder karena kurang sigap mengamankan bola tendangan Supardi menjelang laga berakhir hingga berbuah gol dan mengakibatkan Persepam harus menelan kekalahan.

"Saya tidak mau menyalahkan kiper, karena mereka memang baru beberapa hari bergabung. Namun, secara keseluruhan saya cukup senang dengan permainan tim," kata pelatih Persepam-MU, Daniel Roekito.

Turnamen Piala Gubernur Jatim 2013 yang dibuka secara resmi oleh Wagub Saifullah Yusuf, diikuti sembilan tim peserta kompetisi ISL 2014 dan dibagi dalam tiga grup.

Selain grup A di Bangkalan, ada Grup B di Stadion Kanjuruhan Malang yang terdiri dari Arema Cronus, Sriwijaya FC dan Persik Kediri. Sedangkan Grup C di Stadion Surajaya Lamongan mempertemukan Persela, Persegres GU dan PSM Makassar.(*)

Pewarta: Didik Kusbiantoro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013