Sejak kemarin (14/12) kami sisir, setelah kami mendapat laporan adanya warga yang hilang karena tenggelam di Sungai Bogowonto,"
Purworejo (ANTARA News) - Tim Search And Rescue (SAR) menemukan seorang korban tenggelam di Sungai Bogowonto di Kabupaten Purworejo, Jawa Tengah, Minggu siang, setelah pencarian selama dua hari terakhir.

"Sejak kemarin (14/12) kami sisir, setelah kami mendapat laporan adanya warga yang hilang karena tenggelam di Sungai Bogowonto," kata Koordinator Tim SAR Kabupaten Purworejo Bambang Sosro di Purworejo, Minggu.

Korban bernama Dwi Sasongko (32), warga Desa Plandi RT02/RW02, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Purworejo.

Ia menjelaskan bahwa korban ditemukan oleh tim SAR yang dipimpin Suprapto. Kondisi korban saat ditemukan sekitar pukul 11.00 WIB, tersangkut sampah di sungai tersebut.

Ia menjelaskan bahwa tim kemudian mengevakuasi korban dari tempat itu, untuk selanjutnya diperiksa tim medis dari puskesmas setempat dan diidentifikasi oleh kepolisian setempat.

Hasil pemeriksaan oleh petugas, katanya, tidak ditemukan tanda-tanda kekerasan di tubuh korban sehingga dipastikan bahwa korban tewas akibat tenggelam di sungai tersebut.

Seorang tetangga korban, Alex (42), mengatakan bahwa Dwi bersama sejumlah orang nekat menyeberangi sungai itu.

Mereka berusaha menghindari kejaran aparat kepolisian yang menggerebek arena perjudian sabung ayam di Dusun Segelo, Kecamatan Bagelen pada Jumat (13/12) sekitar pukul 14.00 WIB.

Mereka yang nekat terjun untuk menyeberangi sungai itu, adalah Agus (30), Warno (32), keduanya warga Segelo, sedangkan seorang lainnya bernama Widi (24), warga Desa Plandi.

Dua orang, yakni Warno dan Agus, berhasil menyeberangi sungai itu, sedangkan Widi bersembunyi di akar pepohonan di sekitar sungai tersebut.

Namun, katanya, korban tenggelam saat upaya menyeberangi sungai tersebut, sampai di tengahnya.

Setelah mereka menunggu hingga sore hari dan korban tidak muncul, kemudian mereka melapor kepada pihak keluarga, polisi, dan tim SAR. (*)

Pewarta: M. Hari Atmoko
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013