Jakarta (ANTARA) - Como 1907 dipastikan mendampingi Parma untuk promosi secara otomatis ke Serie A meski bermain imbang 1-1 lawan Cosenza Calcio dalam pertandingan pamungkas Serie B di Stadio Giuseppe Sinigaglia pada Sabtu dini hari WIB.
 
Sementara itu, gol pemain timnas Indonesia Jay Idzes belum mampu membawa Venezia mengamankan tiket promosi otomatis ke Serie A dan harus melalui babak play-off setelah kalah 1-2 oleh Spezia pada pekan ke-38 Serie B di Stadion Alberto Picco.
 
Giornata ke-38 Serie B menjadi laga penentu siapa satu tim yang mendampingi Parma lolos otomatis ke Serie A tanpa promosi. Como dan Venezia adalah dua tim yang memperebutkan itu.
 
Klub milik pengusaha Indonesia, Como menduduki urutan kedua klasemen sebelum pertandingan pekan ke-38 dimulai dengan 73 poin, sedangkan Venezia ada berada di peringkat tiga dengan 70 poin, demikian yang dikutip dari laman resmi Liga Italia.
 
Como sempat tertinggal lebih dahulu pada menit ke-30 lewat gol Gennaro Tutino sebelum menyamakan kedudukan di menit ke-74 lewat gol penalti Simone Verdi. Skor 1-1 menjadi hasil akhir pertandingan.

Baca juga: Cesc Fabregas resmi gabung klub divisi dua Liga Italia Como 1907
Baca juga: Jay Idzes gagal antar Venezia menang setelah kalah 1-2 dari Como
 
Sedangkan Venezia membuka asa lebih dulu pada menit ke-19 melalui gol Jay Idzes untuk membawa timnya unggul 1-0.
 
Sayang, Spezia berhasil membalikkan keadaan di babak kedua lewat gol Francesco Pio Esposito pada menit ke-56 dan Arkadiusz Reca pada menit ke-61. Venezia gagal menyamakan skor di sisa waktu pertandingan dan harus menelan kekalahan 1-2.
 
Hasil seri ini, beserta kegagalan Venezia meraih poin berhasil membawa Como promosi ke Serie A setelah finis di urutan kedua dengan 73 poin.
 
Como 1907 kembali ke Serie A untuk pertama kalinya sejak 2003. Mereka promosi ke Serie A hanya setelah lima tahun sejak dibeli keluarga Hartono pada 2019 ketika masih berada Serie D.
 
Sedangkan Venezia finis di bawahnya dan harus memperebutkan satu tiket promosi tersisa melalui babak play-off dengan tim urutan 3-8 antara lain Venezia, Cremonese, Catanzaro, Palermo, Sampdoria, dan Brescia. Babak Play-off dimulai pada 18 Mei 2024.

Hasil pertandingan pekan ke-38 pada 11 Mei:

​​​​​​Bari 2-0 Brescia
Regianna 1-1 Parma
Calcio Lecco 2-3 Modena
Ascoli 2-1 Pisa
Como 1-1 Cosenza Calcio
​​​​​​​Cremonese 3-0 Cittadella
​​​​​​​Spezia 1-2 Venezia
​​​​​​​Catanzaro 1-3 Sampdoria
​​​​​​​FeralpiSalo 0-1 Ternana
​​​​​​​Sudtirol-Alto Adige 0-1 Palermo

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2024