Jakarta (ANTARA) - Beragam berita politik telah diwartakan Kantor Berita Antara, berikut kami rangkum berita pilihan kemarin yang masih layak dibaca kembali sebagai sumber informasi serta referensi untuk mengisi akhir pekan Anda.

Ketua MPR: Pelantikan presiden-wapres hasil Pemilu tak bisa dijegal

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo mengatakan pelantikan presiden dan wakil presiden (wapres) terpilih hasil Pemilu 2024 sangat sulit untuk bisa dijegal mengingat aturan di Undang-Undang Dasar (UUD) 1945 yang memuat soal aturan pelantikan presiden dan wapres sudah sangat jelas.

Menurut dia, yang telah diputus oleh rakyat yang berdaulat tidak boleh diganggu gugat oleh siapa pun, termasuk keputusan PTUN. Bahkan menurut hasil kajian Badan Pengkajian MPR RI dan Komisi Kajian Ketatanegaraan MPR, pasangan presiden dan wakil presiden terpilih yang sudah ditetapkan oleh Ketetapan KPU harus diperkuat dengan produk hukum konstitusi berupa Ketetapan (TAP) MPR RI.

Selengkapnya klik di sini.

Pakar: Arahan Jokowi beri data ke Prabowo sebagai upaya transisi

Guru Besar Ilmu Politik Universitas Andalas Prof. Asrinaldi mengemukakan arahan Presiden Joko Widodo kepada menteri kabinetnya untuk memberikan data ke Presiden terpilih Prabowo Subianto sebagai upaya transisi pemerintahan.

"Tentu ini ada kaitannya dengan transisi pemerintahan dari Jokowi ke Prabowo karena bagaimanapun Prabowo akan memulai pemerintahan pada Oktober," kata Prof. Asrinaldi saat dihubungi ANTARA dari Jakarta, Jumat.

Selengkapnya klik di sini.

TNI AU bahas rencana latihan bersama dengan Angkatan Udara Jepang

Wakil Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal Madya TNI Andyawan Martono membahas rencana latihan bersama dengan Angkatan Udara Jepang, Kamis (9/5)

Dalam siaran resmi TNI AU yang dikutip ANTARA pada hari Jumat, pembahasan tersebut terjadi ketika Marsekal Madya TNI Andyawan bertemu dengan Vice Chief of Japan Air Self-Defence Leutenant General Takuto Ogaswara disela sela acara Air and Space Conference 2024 di Canberra, Australia.

Selengkapnya klik di sini.

TNI AL siapkan latihan kesiapsiagaan SAR di perairan Sorong

Komando Armada III TNI Angkatan Laut mempersiapkan latihan kesiapsiagaan operasional (LKO) pencarian dan penyelamatan (SAR) di perairan Sorong, Provinsi Papua Barat Daya.

Kepala Dinas Penerangan Komando Armada (Kadispen Koarmada) III Kolonel Laut (KH) R. Doni Kundrat saat dihubungi di Jakarta, Jumat, menjelaskan persiapan itu mencakup simulasi skenario taktik (TFG) di Markas Komando Koarmada III, Sorong, Papua Barat Daya, Rabu (8/5).

Selengkapnya klik di sini.

TNI AL dan Marinir AS tuntaskan latihan intai Latma Reconex 2024

Prajurit TNI Angkatan Laut dari Batalyon Intai Amfibi (Yontaifib) 1 Korps Marinir dan prajurit Marinir Amerika Serikat menuntaskan rangkaian latihan pengintaian dan infiltrasi yang dikemas dalam Latihan Bersama "Reconnaissance Exchange" (Latma Reconex) 2024.

Di Pulau Damar, Kepulauan Seribu, Jakarta, prajurit batalyon pengintai dari Korps Marinir TNI AL dan Korps Marinir Amerika Serikat (USMC) menjalani rangkaian latihan penutup mulai dari latihan navigasi jarak jauh sampai latihan infiltrasi lengkap (full mission profile) pada 8–10 Mei 2024.

Selengkapnya klik di sini.

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2024