Ini adalah krisis kemanusiaan terburuk yang pernah kami lihat sejak beberapa dasawarsa, dan setiap hari semakin banyak warga Suriah yang kelaparan."
Jenewa (ANTARA News) - Perserikatan Bangsa-Bangsa pada Senin mengajukan permohonan bantuan senilai 6,5 miliar dolar AS bagi Suriah dan negara-negara tetangganya tahun depan.

Permohonan itu bertujuan untuk membantu 16 juta orang, sebagian besar kelaparan atau tidak mempunyai rumah, korban konflik selama 33 bulan yang belum menunjukkan tanda-tanda akan berakhir, lapor Reuters.

Permohonan itu juga merupakan separuh dari total rencana pendanaan sebanyak 12,9 miliar dolar AS untuk membantu 52 juta orang di 17 negara, yang diumumkan pada Senin oleh koordinator bantuan darurat PBB Valerie Amos dalam pertemuan dengan negara-negara donor di Jenewa.

"Ini merupakan jumlah terbesar yang pernah kami minta di awal tahun," katanya dalam jumpa pers, merujuk pada permohonan bantuan lain sebelumnya. Ia mengatakan dana yang diminta untuk Suriah merupakan jumlah permintaan terbesar yang diajukan PBB untuk sebuah krisis tunggal.

"Peningkatan jumlah pengungsi domestik dan pengungsi lain mendorong peningkatan kebutuhan di semua sektor serta menimbulkan masalah bagi kapasitas negara-negara tetangga, dengan konsekuensi regional yang besar," katanya.

PBB mengirim bantuan kemanusiaan pertama ke Suriah dari Irak pada Minggu dan dalam 12 hari ke depan akan mengirimkan lebih banyak bantuan makanan dan bahan untuk menghadapi musim dingin ke kawasan timurlaut yang sebagian besar dihuni oleh suku Kurdi.

PBB meminta bantuan sebanyak 2,3 miliar dolar AS untuk membantu 9,3 juta orang di Suriah tahun depan, lebih banyak dibandingkan permohonan bantuan pada 2013 sebanyak 1,4 miliar dolar AS, dimana hanya 62 persennya saja yang diperoleh.

Sedangkan bagi lima negara tetangga yaitu Mesir, Irak, Yordania, Lebanon dan Turki, badan dunia itu meminta bantuan senilai 4,2 miliar dolar AS untuk membantu lebih dari 4,1 juta pengungsi Suriah dan masyarakat lokal yang akan diberi bantuan pangan termasuk uang tunai dan voucer.

Badan-badan PBB bermaksud memberikan bantuan pangan, air minum bersih, tempat berlindung, pendidikan, layanan kesehatan dan vaksin polio bagi warga Suriah di dalam dan di luar negara tersebut.

Program Pangan Dunia (WFP) akan memberi bantuan pangan bagi 4,25 juta orang di Suriah, dan pada November lalu baru menyentuh 3,4 juta orang.

"Ini adalah krisis kemanusiaan terburuk yang pernah kami lihat sejak beberapa dasawarsa, dan setiap hari semakin banyak warga Suriah yang kelaparan," kata koordinator darurat WFP untuk Suriah.

Total permohonan bantuan dana PBB tersebut juga termasuk bantuan untuk Sudan, Sudan Selatan, Yaman, Republik Demokratik Kongo, Afghanistan dan Filipina.


Penerjemah: Sri Haryati

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013