"Memang awal saya sudah tidak (mau, red.) mencalonkan diri karena memang ada anak (yang tidak ingin, red ) saya tidak mencalonkan diri,"
Semarang (ANTARA) - Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu mengaku mendapatkan instruksi dari Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri untuk maju kembali pada kontestasi Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Semarang 2024.

"Memang awal saya sudah tidak (mau, red.) mencalonkan diri karena memang ada anak (yang tidak ingin, red ) saya tidak mencalonkan diri," kata Ita, sapaan akrab Hevearita, di Semarang, Sabtu.

Didampingi sang putra semata wayang, Faras Razin Pradana atau Juon, Ita, sapaan akrab Hevearita mendatangi Kantor DPC PDIP Kota Semarang, Sabtu, untuk mengambil formulir pendaftaran bakal calon wali kota.

Ita ditemui langsung oleh Sekretaris DPC PDIP Kadarlusman pada saat pengambilan formulir pendaftaran dan menandatangani beberapa berkas yang diperlukan.

"Atas instruksi atau dawuh Ibu Ketum (Mega, red.), saya bisa maju kembali sebagai salah satu kader perempuan di PDIP sehingga bismillah," katanya.

Ia juga sudah meminta izin kepada anaknya yang akhirnya menyetujui untuk bisa maju kembali untuk periode lima tahun ke depan sebagai Wali Kota Semarang.

"Ini menjadi semangat saya. Apalagi karena sudah ada instruksi dan dawuh dari Ibu Ketum dan senior-senior partai, baik di DPP, DPD, maupun DPC PDIP. Tentunya, ini amanah yang harus dilakukan," katanya.

Tak lupa, Ita juga menyampaikan terima kasih kepada Megawati selalu ketua umum, seluruh elemen masyarakat, baik pelaku usaha, tokoh masyarakat, LPMK, hingga jajaran kader banteng tingkat bawah yang telah memberikan dukungan, semangat, dan dorongan untuk bisa maju kembali.

Sebagai kader perempuan, diakuinya, Megawati memang selalu menekankan untuk selalu memperhatikan berbagai persoalan, terutama ketahanan pangan, kemiskinan, stunting, hingga kesetaraan gender.

"Masih banyak PR (pekerjaan rumah) lagi, dan tentunya di Semarang ini banjir. Yang terpenting bagaimana semakin banyak kader turun kepada masyarakat, tidak hanya di Kota Semarang. Seluruh kader diinstruksikan untuk menyejahterakan daerahnya masing-masing," katanya.

Ita juga menyerahkan sepenuhnya proses seleksi kepada partai politik, mulai penjaringan, penyaringan, hingga nantinya keluar siapa pasangan bakal calon yang akan diusung PDIP.

"Saya paling utama sebagai kader tentunya pertama (mendaftar) ke PDIP. Kemudian, menyerahkan partai DPP, DPD, dan DPC mengenai sosok wali kota dan wakil wali kotanya. Bagaimana perkembangan, bisa saja ada koalisi atau gimana," katanya.

Sementara itu, Sekretaris DPC PDIP Kota Semarang Kadarlusman menyebutkan sampai saat ini sudah 12 orang yang mengambil formulir pendaftaran bakal calon wali kota dan wakil wali kota Semarang.

"Semula ada empat (bakal calon, red.) wali kota, tapi hari ini ada perubahan. Karena Mas Supriyadi yang semula mengambil formulir wali kota, mengembalikan formulir sekaligus mengubah ke wakil wali kota," katanya.

Karena itu, saat ini ada tiga bakal calon wali kota yang sudah mengambil formulir, yakni Hevearita Gunaryanti Rahayu (petahana, red.), Arnaz Agung Andrarasmara (Ketua KONI, Kadin, dan Baznas Kota Semarang), dan Sekda Kota Semarang Iswar Aminuddin.

Sisanya, mengambil formulir sebagai wakil wali kota Semarang, di antaranya Supriyadi (mantan Ketua DPRD Kota Semarang), Fajar Purwoto (mantan Kepala Satpol PP), dan Dewi Susilo Budihardjo (pengusaha).

Pewarta: Zuhdiar Laeis
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2024