Tangerang (ANTARA) - Pemerintah Kota Tangerang, Banten terus mendorong dan mendukung Kementerian Agama agar kepulangan jamaah haji bisa langsung melalui Asrama Haji Kota Tangerang di Cipondoh tanpa harus ke Asrama Haji Pondok Gede Jakarta.

"Tahun lalu jamaah asal Kota Tangerang sudah bisa langsung pulang ke Asrama Haji Cipondoh. Ke depan, insya Allah bukan hanya asal Kota Tangerang saja, tapi jamaah se-Banten bisa langsung melalui asrama haji Kota Tangerang yang ada di Cipondoh,” kata Pj Wali Kota Nurdin usai melepas keberangkatan 431 calon haji (Calhaj) Kloter 02 JKG/Banten Kota Tangerang di Masjid Raya Al-Azhom, Kawasan Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Sabtu.

Baca juga: 2.494 calon haji Tangerang siap berangkat ke Tanah Suci mulai 13 Mei

Ia menyampaikan kebanggaan menjadi sebuah kehormatan bisa mengantarkan para tamu Allah SWT yang akan berangkat ke Tanah Suci.

"Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya menitip pesan, niatkan untuk beribadah yang paling utama, syukuri dan jalani dengan sepenuh hati," ujar Pj Wali Kota.

Ia mengucapkan selamat menjalankan ibadah haji ke Baitullah kepada jamaah. "Kita semua mendoakan bapak, ibu jamaah haji, semoga hajinya mabrur dan sehat selalu hingga nanti kembali ke Tanah Air,” ucapnya.

Sebagai informasi keberangkatan jamaah calon haji Kota Tangerang pada Tahun 1445 H/2024 M dibagi menjadi dua gelombang dan lima kloter keberangkatan dengan total calhaj sebanyak 1.762 dan petugas kloter 50 orang.

Kepala Kantor Kemenag Kota Tangerang Samsudin menuturkan pemberangkatan jamaah calon haji pada tahun ini terjadi peningkatan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, yakni 1.762 orang.

“Agenda pemberangkatan jamaah haji Kota Tangerang dilakukan secara bertahap melalui beberapa kloter yang sebagian besar dilakukan dengan kuota penuh. Seperti tahun sebelumnya, kami tahun ini juga tetap mengedepankan pelayanan haji ramah lansia meski jumlah jamaah berusia lanjut lebih sedikit dibandingkan tahun lalu,” katanya.

Baca juga: Kemenag: 120 calon haji Tangerang tunda keberangkatan ke Tanah Suci

Baca juga: Imigrasi: Arab Saudi kirimkan 70 petugas haji ke Soetta


Seperti tahun sebelumnya, pemulangan jamaah haji Kota Tangerang pada tahun ini akan kembali memanfaatkan fasilitas Asrama Haji Provinsi Banten yang terletak di Cipondoh, Kota Tangerang. Hal ini dilakukan untuk mengoptimalisasi efisiensi berbagai pihak, khususnya jamaah haji selepas menjalankan ibadah di Tanah Suci.

“Nantinya, pemulangan jamaah haji yang berasal dari Kota Tangerang dan Provinsi Banten juga akan kembali difokuskan di Asrama Haji Provinsi Banten. Saat ini, kami masih melakukan koordinasi lebih lanjut bersama Pemprov Banten, Pemkot Tangerang dan pihak-pihak terkait untuk mematangkan kesiapan fasilitas penunjang, khususnya akses jalan di sekitarnya,” kata dia.

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2024